Manfaat Mengonsumsi Minyak Zaitun Langsung, Sangat Cocok untuk Penderita Penyakit Jantung

Manfaat Mengonsumsi Minyak Zaitun Langsung, Sangat Cocok untuk Penderita Penyakit Jantung

Manfaat minyak zaitun jika dikonsumsi langsung-Gue Sehat-

DISWAYJATENG - Minyak zaitun, si jagoan alami yang udah lama dikenal karena kandungan kesehatannya yang luar biasa. Buat beberapa orang, minyak zaitun ini bukan cuma jadi bahan dasar masakan, tapi juga diminum langsung untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang mumpuni.

Manfaat menakjubkan minyak zaitun jika dikonsumsi secara langsung juga bisa dirasakan oleh Anda yang berusia 40 tahunan.

Manfaat menakjubkan minyak zaitun ini sangat bervariasi. Mulai dari untuk kecantikan hingga kesehatan tubuh, minyak zaitun dianggap menjadi alternatif yang tepat.

Ada beberapa cara buat nikmatin minyak zaitun langsung tanpa gangguan dari rasa amis yang kadang-kadang ngeresek.

BACA JUGA: Kombinasi 3 Bahan Alami dengan Manfaat Minyak Zaitun untuk Cerahkan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas

Manfaat menakjubkan minyak zaitun ini bisa dirasakan di berbagai kalangan, mulai dari muda maupun tua. Bisa untuk kecantikan dan kesehatan loh. Yuk, kita kupas satu per satu!

Manfaat mengonsumsi minyak zaitun Langsung

1. Kaya Akan Antioksidan

Minyak zaitun punya kandungan antioksidan yang bikin kagum, seperti polifenol, yang bantuin tubuh melawan radikal bebas.

Nah, dengan minum minyak zaitun langsung, kamu bisa bantu lindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan kurangin risiko penyakit degeneratif.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Khasiat minyak zaitun buat jantung udah jadi perhatian banyak penelitian. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal di dalamnya bisa bantu tingkatkan kesehatan jantung, dengan menurunin kadar kolesterol jahat (LDL) dan ningkatin kadar kolesterol baik (HDL).

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Minyak Zaitun yang Aman untuk Wanita Usia 40 Tahun ke Atas

3. Mengurangi Risiko Penyakit Inflamasi

Minyak zaitun juga punya senyawa antiinflamasi yang bermanfaat buat kurangin peradangan dalam tubuh. Minum minyak zaitun langsung secara rutin bisa bantu kurangin risiko penyakit yang nyambung sama peradangan, kayak arthritis dan penyakit inflamasi lainnya.

4. Mendukung Kesehatan Otak

Beberapa penelitian nunjukin bahwa minyak zaitun bisa punya dampak positif buat kesehatan otak. Kandungan polifenol di dalamnya diyakini bisa bantu lindungi sel-sel otak dari kerusakan yang disebabin proses penuaan, dan bantu tingkatkan kinerja kognitif.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Walaupun masih banyak penelitian yang perlu dilakukan, beberapa penelitian awal nunjukin bahwa minyak zaitun mungkin bisa punya efek perlindungan buat beberapa jenis kanker.

Kandungan antioksidan dan sifat antiinflamasi minyak zaitun bisa turut andil dalam kurangin risiko kanker.

BACA JUGA: 4 Manfaat Minyak Zaitun Mustika Ratu, Atasi Bintik Hitam di Usia 40 Tahun ke Atas

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Minyak zaitun juga bisa bantu tingkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan lemak sehatnya bisa bantu longgarkan sistem pencernaan, cegah sembelit, dan dukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan.

Tapi inget, meskipun manfaatnya keren banget, minum minyak zaitun langsung harus diatur porsinya dengan baik. Terlalu banyak minum minyak zaitun bisa bikin gangguan pencernaan dan tambah berat badan.

Disarankan untuk minum sekitar 1-2 sendok makan sehari atau sesuai petunjuk dokter atau ahli gizi.

Tips menyiasati rasa amis minyak zaitun 

Ada beberapa trik yang bisa bantu kamu nikmatin minum minyak zaitun tanpa terganggu sama rasa amis yang kadang dominan:

1. Pilih Minyak Zaitun Berkualitas Tinggi

Pilihan minyak zaitun yang berkualitas tinggi bisa bantu banget kurangin rasa amisnya. Minyak zaitun ekstra virgin biasanya punya rasa dan aroma yang lebih halus. Jadi pastiin buat pilih minyak zaitun yang segar dan asli.

BACA JUGA: Khasiat Ampuh Minyak Zaitun untuk Pria, Anda Usia 40 Tahunan Wajib Tahu

2. Gunakan Sendok atau Gelas Kecil

Pakai sendok atau gelas kecil bisa bantu kurangin sensasi amisnya. Minum minyak zaitun dalam porsi kecil bisa kurangin rasa amis yang terlalu kuat.

3. Campur dengan Sedikit Madu atau Jeruk

Buat nutupin rasa amisnya, coba deh campur minyak zaitun dengan sedikit madu atau perasan jeruk segar.

Madu bakal kasih sentuhan manis yang bisa netralin rasa amisnya, sementara perasan jeruk bakal kasih citarasa segar yang bisa nutupin rasa amisnya.

4. Minum Secara Perlahan

Saat minum minyak zaitun, pastiin buat minum secara perlahan. Ga perlu buru-buru menelannya. Nikmati setiap tegukan secara perlahan biar tubuh punya waktu buat terima rasa minyaknya.

5. Sajikan dengan Makanan

Kalau minyak zaitun bisa dituangin di atas salad, dipake buat dressing, atau dicampur sama makanan lain buat kurangin rasa amisnya.

BACA JUGA: Mengatasi Penuaan Dini dengan Manfaat Minyak Zaitun, Kulit Terasa Awet Muda Meski di Usia 40 Tahun

6. Penyimpanan yang Tepat

Penyimpanan minyak zaitun dengan benar juga bisa pengaruhi rasa dan aromanya. Pastiin buat simpen minyak zaitun di wadah yang kedap udara, di tempat yang sejuk, dan jauh dari sinar matahari langsung buat jaga kesegarannya.

7. Konsistensi dalam Konsumsi

Konsistensi dalam minum minyak zaitun langsung bisa bantu tubuh kamu terbiasa dengan rasanya. Kalau kamu konsisten, mungkin aja kamu bakal mulai terbiasa sama rasa amisnya.

Minyak zaitun kalo diminum langsung, punya manfaat kesehatan yang luar biasa. Dari perlindungan antioksidan sampe dukung kesehatan jantung dan otak, minyak zaitun bisa jadi tambahan penting buat gaya hidup sehat.

Sebaiknya, sebelum mulai minum minyak zaitun secara langsung, konsultasikan dulu sama ahli gizi atau tenaga medis buat pastiin penggunaannya sesuai kebutuhan dan aman.

Dengan paham manfaatnya, minum minyak zaitun langsung bisa jadi tambahan yang bermanfaat buat jaga kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA: Efek Samping Minyak Zaitun Jika Dikonsumsi secara Rutin oleh Seseorang yang Berusia 40 Tahun ke Atas

Dengan tips yang tepat, kamu bisa nikmatin manfaat kesehatan minyak zaitun tanpa harus diganggu sama rasa amisnya. Coba deh eksperimen sama cara-cara di atas dan cari tahu metode yang paling pas buat kamu yang ingin merasakan manfaat mengonsumsi minyak zaitun secara langsung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: