Efek Samping Minyak Zaitun Jika Dikonsumsi secara Rutin oleh Seseorang yang Berusia 40 Tahun ke Atas

Efek Samping Minyak Zaitun Jika Dikonsumsi secara Rutin oleh Seseorang yang Berusia 40 Tahun ke Atas

Efek samping konsumsi minyak zaitun secara rutin-Halodoc-

DISWAYJATENG - Minyak zaitun udah terkenal banget karena manfaat kesehatannya yang nggak main-main. Minyak ini punya sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa bantu melindungi tubuh dari penyakit-penyakit serius, lho.

Tapi, dibalik segudang manfaatnya, Anda juga harus tahu efek samping minyak zaitun jika dikonsumsi secara rutin. Minyak zaitun ini banyak digunakan untuk alternatif perawatan kecantikan dan kesehatan untuk segala usia, termasuk usia 40 tahunan.

Dengan begitu, sebenarnya minyak zaitun aman untuk dikonsumsi namun Anda perlu waspada dan antispasi dengan efek samping minyak zaitun ini. Biasanya sih, minyak zaitun dipakai buat masak atau jadi dressing, tapi ada juga yang percaya minum minyak zaitun langsung.

Nah, sebenernya apa beneran gitu? Yuk, kita cek fakta-faktanya. Minyak zaitun tentu bermanfaat untuk banyak hal, termasuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Minyak zaitun juga banyak dimanfaatkan untuk kandungan dari sebuah produk. Sebelum menggunakan minyak zaitun Anda harus tahu manfaatnya terlebih dulu.

BACA JUGA: 4 Manfaat Minyak Zaitun Mustika Ratu, Atasi Bintik Hitam di Usia 40 Tahun ke Atas

Manfaat-manfaat minyak zaitun

1. Membantu Memenuhi Asupan Lemak Sehat

Jadi, ada dua jenis lemak yang penting buat tubuh: PUFA dan MUFA. Nah, minyak zaitun itu kaya banget MUFA-nya. Nah, MUFA ini bermanfaat banget buat jantung dan bisa bantu kurangin risiko penyakit jantung.

Konsumsi minyak zaitun ini bisa membantu mencegah penyakit jantung dan mengobati secara alami. Anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk mengatasi masalah kesehatan jantung yang satu ini.  

Lemak yang tertimbun di dalam tubuh Anda bisa menyebabkan berbagai risiko penyakit. Dengan menggunakan minyak zaitun, lemak dalam tubuh dapat ternetralisir dengan seimbang. Sehingga mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh.

2. Meredakan Sembelit

Buat yang suka susah buang air besar, minum minyak zaitun bisa bantu, lho! Dalam penelitian, dikasih sejumput minyak zaitun setiap hari bantu bikin tinja jadi lebih lunak dan lebih gampang dikeluarin.

BACA JUGA: Kombinasi 3 Bahan Alami dengan Manfaat Minyak Zaitun untuk Cerahkan Wajah Usia 40 Tahun ke Atas

Selain dengan cara itu, Anda juga bisa memberi campuran minyak zaitun ke dalam makanan atau sajian yang Anda buat. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir makanan yang dapat menyebabkan sembelit. Dengan penggunaan minyak zaitun akan melancarkan pencernaan Anda.

3. Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung

Minyak zaitun udah lama diakui sebagai lemak yang baik buat jantung. Ada senyawa yang namanya asam oleat di dalamnya yang bisa kurangin risiko penyakit jantung kalo digunakan sebagai pengganti lemak lainnya.

Memasak atau meminum langsung minyak zaitun ini dapat mencegah dan mengatasi penyakit jantung. Minumlah secara rutin dengan teratur setiap hari agar terjaga kesehatannya.

Efek samping meminum minyak zaitun

1. Tinggi Kalori

Minyak zaitun punya kalori yang tinggi. Satu sendok makan aja udah 120 kalori. Jadi, kalo kebanyakan minum, bisa-bisa malah tambah berat badan.

Dengan mengonsumsi minyak zaitun ini, Anda juga harus mengetahui kadar dalam kandungannya agar mampu meminimalisir risiko yang terjadi.

BACA JUGA: Segudang Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit Tangan dan Kaki di Usia 40-an

2. Pertimbangan Lainnya

  1. Minyak zaitun mungkin lebih bermanfaat kalo diminum bareng makanan.
  2. Kalo kebanyakan minum minyak zaitun, bisa jadi kamu gak makan makanan sehat yang lain.
  3. Meskipun jarang, minyak zaitun juga bisa bikin alergi pada beberapa orang.

Poin penting yang perlu diingat

Banyak klaim tentang manfaat-minfaat minum minyak zaitun yang belum didukung oleh penelitian. Jadi, lebih baik hati-hati aja.

Jadi, intinya minyak zaitun tuh emang bagus buat kesehatan, tapi harus pinter-pinter atur takarannya. Efek samping minyak zaitun jika dikonsumsi secara terus menerus juga perlu Anda antisipasi.

Kalo kamu mau coba minum, konsultasi dulu sama dokter ya! Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: