10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

ANALGETIK. Manfaat lidah buaya diketahui dapat menghilangkan rasa sakit karena mengandung antrakuinon dan kuinon.--Sumber gambar: Pandastyznie

6. Sebagai Pencahar

Manfaat lidah buaya salah satunya dapat digunakan sebagai pencahar yang kuat. Hal ini karena lidah buaya mengandung aloe-emodin dan aloin yang menyebabkan usus besar berkontraksi atau mengkerut.

7. Heartburn Relief

Melansir dari situs Healthline, lidah buaya mampu mengatasi heartburn yang disebabkan oleh GERD (gastroesophageal reflux disease). Mengonsumi sekitar 1-3 ons gel lidah buaya dapat mengurangi tingkat keparahan heartburn akibat GERD, namun apakah aman jika mengonsumsi lidah buaya ke dalam tubuh?

Peneliti dan Praktisi Herbal dr Danang Ardiyanto, MKM, dari Rumah Riset Jamu Hostus Medicus. Menjelaskan bahwa mengonsumsi lateks lidah buaya secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping.

8. Anti Inflamasi

Manfaat lidah buaya selanjutnya dapat mencegah peradangan atau anti inflamasi, dilansir dari situs www.news-medical.net. Kandungan lidah buaya memiliki sifat sebagai penghambat jalur siklooksigenase dan menurunkan produksi prostaglandin E2 dari asam arakidonat.

9. Membantu Detoksifikasi

Manfaat lidah buaya salah satunya dapat melawan radikal bebas karena memiliki sifat antioksidan di dalamnya. Mengonsumsi jus lidah buaya mampu membantu pencernaan dengan menyingkirkan racun di dalam tubuh yang dikutip dari situs Pharmeasy.

10. Meningkatkan Imun

Lidah buaya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas karena memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan. Dilansir dari Pharmeasy, kandungan tersebut dapat membasmi virus, jamus, dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai infeksi pada tubuh.

Demikian beberapa manfaat lidah buaya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: