6 Kebiasaan Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Anda Hindari, Salah Satunya Sering Makan Junk Food

6 Kebiasaan Penyebab Penuaan Dini yang Perlu Anda Hindari, Salah Satunya Sering Makan Junk Food

STRES. Menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah.--sumber gambar: Daily Mail

Penyebab penuaan dini selanjutnya adalah tidak merawat kulit dengan baik. Penuaan berkorelasi dengan tampilan fisik seperti kulit, karena itu penting untuk menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan.

Pada malam hari atau sebelum tidur bersihkan wajah dari debu, sisa riasan, dan kotoran. Kemudian aplikasikan pelembab atau moisturizer agar kulit tidak kering, kulit yang lembab akan mendorong regenerasi kulit.

4. Terjebak Macet Setiap Hari

Sebuah studi mengungkapkan bahwa perjalanan dari rumah ke kantor lebih dari 16 km dan ditempuh setiap hari. Memberi efek merugikan bagi kesehatan seperti ketidakbahagiaan hingga tekanan darah tinggi.

Sebagian besar efek nyata tidak hanya fisik seperti otot tegang, melainkan mental-stres, kemarahan , kelesuan, dan kebosanan yang dapat menjadi penyebab penuaan dini.

5. Posisi Tidur yang Salah

Menyepelekan posisi tidur dapat memunculkan keriput, juga menjadi penyebab penuaan dini. Selama tidur kulit akan melakukan regenerasi, tengkurap dan menempelkan wajah pada bantal saat tidur dapat memicu lipatan di wajah.

BACA JUGA: 8 Manfaat Penting Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh Anda! Nomor 6 Mampu Menunda Penuaan Dini?

Telentang adalah posisi teraman untuk regenerasi kulit wajah, tapi jika lebih nyaman tidur dengan posisi miring. Gantilah sarung bantal dari bahan satin yang lembut di kulit wajah.

6. Makan Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji bergizi rendah dan tinggi MSG (monosodium glutamat), zat penambah citarasa yang bersifat adiktif memiliki efek toksik dalam tubuh. Selain itu, lemak trans juga terdapat di makanan cepat saji, makanan yang digoreng atau kalengan.

Tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, lemak trans juga memperkeras arteri atau menyempitkan pembuluh darah. Hal ini bisa melemahkan aliran darah ke kulit dan menjadi penyebab penuaan dini dan kerutan.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang sering tidak disadari dapat menjadi penyebab penuaan dini. Mulailah menerapkan dan membiasakan hidup sehat, aktif, dan berpikiran positif agar terhindar dari penyakit maupun mengalami penuaan dini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: