Kenali Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Aplikasi PayLater, Wajib Tahu Sebelum Pakai

Kenali Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Aplikasi PayLater, Wajib Tahu Sebelum Pakai

untung rugi paylater--foto jaringan prima

DISWAY JATENG - Di zaman yang sudah serba canggih ini, perkembangan ekonomi digital membuat berbagai transaksi menjadi semakin mudah. Tidak perlu membayar produk yang dibeli secara tunai, kalian juga bisa memanfaatkan paylater sebagai metode pembayaran.

Istilah paylater ini berasal dari kata “pay” yang artinya membayar, dan “later” yang artinya nanti. Secara umum, paylater merupakan metode pembayaran yang menawarkan angsuran tanpa perlu menggunakan kartu kredit.

Sistem pembayaran paylater ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Kita lebih mengenal sistem paylater ini dengan sistem kredit. Saat ini, metode pembayaran menggunakan paylater sudah semakin populer di kalangan masyarakat karena kemudahannya dalam berbagai macam transaksi.

Terlebih lagi dengan adanya promo dan cashback yang diberikan oleh penyedia layanan paylater. Pastinya semua orang tertarik dengan cashback dan juga promo. Selain karena adanya promo, pembayaran dengan menggunakan paylater memang membuat masyarakat dapat memperoleh barang yang dibutuhkan di hari-hari tua atau akhir bulan sebelum gajian.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Paylater

BACA JUGA:Inilah Syarat dan Cara Aktivasi Paylater di Livin by Mandiri dengan Suku Bunga 0%, Simak Cara Bayar Tagihannya

Sekarang ini, sudah ada banyak fitur paylater yang dapat dijadikan sebagai pilihan cara pembayaran yang cukup digemari oleh berbagai kalangan masyarakat milenial. Selain karena kemudahannya dan kepraktisannya, ada pula dampak negatif atau kerugian yang bisa diperoleh apabila tidak menggunakannya secara bijak. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

Keuntungan Menggunakan Paylater

1. Bisa Digunakan Kapan Saja dan Dimana Saja

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa semua proses pengajuan aplikasi paylater ini dilakukan secara online. Dengan begitu, pengguna dapat menggunakan paylater kapan saja dan dimana saja ketika membutuhkannya, terlebih dalam kondisi mendesak.

2. Tenor Bervariasi

Di dalam fitur paylater, ada berbagai pilihan tenor atau jangka waktu cicilan yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan. Untuk variasi tenor dari paylater yang disediakan oleh e-commerce atau e-wallet yaitu satu bulan hingga 12 bulan. Semakin singkat tenor yang dipilih, maka akan semakin kecil pula beban bunganya. Bahkan, di beberapa e-commerce hanya akan memberikan beban bunga senilai 1% untuk pilihan tenor satu bulan.

3. Prosesnya Lebih Cepat dan Praktis

Dengan adanya metode pembayaran paylater, maka pastinya akan sangat praktis untuk digunakan, khususnya jika ada suatu kebutuhan yang mendesak namun belum ada uang yang mencukupi. Seperti misalnya ketika sudah masuk tanggal tua, kemudian tiba-tiba membutuhkan dana untuk biaya transportasi, biaya makan harian, ataupun biaya lainnya yang dapat terjadi sebelum tanggal gajian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: