Kulit Berminyak Jadi Hilang dengan 5 Tips Sederhana Berikut ini. Wajib Kamu Coba

Kulit Berminyak Jadi Hilang dengan 5 Tips Sederhana Berikut ini. Wajib Kamu Coba

5 tips atasi kulit berminyak -Momsmoney-

Kertas minyak dapat menyerap minyak secara instan tanpa membuat kulit menjadi kering. Cara menggunakannya mudah: usap atau seka area wajah yang berminyak dengan kertas.

BACA JUGA:Rahasia Wajah Bebas Komedo, Begini 4 Cara Mencegah dan Mengatasinya Supaya Mulus Lagi

Namun demikian, jangan menggosok dengan keras. Hal ini tidak hanya dapat membahayakan Kamu, tetapi juga menyebarkan minyak ke bagian wajah lainnya.

4. Pilih Kosmetik untuk Kulit Berminyak

Orang dengan kulit berminyak harus menggunakan kosmetik bebas minyak atau berbahan dasar air. Kosmetik dan produk perawatan kulit berbahan dasar alkohol tidak boleh digunakan karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

BACA JUGA:Kosmetik Kecantikan dan Risikonya: Berikut ini 3 Hal yang Harus Kamu Waspadai dan Tips Mengantisipasinya

Produk kecantikan yang mengandung teh hijau, niacinamide, ekstrak akar manis, dan L-carnitine juga dapat digunakan untuk mengurangi Minyak berlebih. Namun, selalu ikuti petunjuk produk untuk menghindari iritasi kulit.

5. Oleskan Tabir Surya

Apapun jenis kulit Kamu, sangat penting untuk mengoleskan tabir surya, terutama saat beraktivitas di bawah sinar matahari.

Untuk mencegah kulit berminyak semakin parah, pilihlah tabir surya yang berbentuk gel, berlabel bebas minyak, dan mengandung seng oksida atau titanium dioksida.

Perawatan Medis untuk Kulit Berminyak

Jika menggunakan berbagai produk untuk mengatasi kulit berminyak tidak menyelesaikan masalah, segera konsultasikan dengan dokter. Hal ini sangat penting terutama jika kondisi kulit memburuk dan jerawat atau komedo membandel muncul.

Untuk mengatasi produksi sebum berlebih, dokter akan meresepkan krim khusus yang mengandung adapalene, tazarotene, atau tretinoin.

Jika jerawat berkembang, dokter akan merekomendasikan pengelupasan kimiawi dengan produk yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, asam laktat, atau fenol.

Faktanya, kulit berminyak juga memiliki manfaat seperti menjaga kesehatan kulit dan mencegah pembentukan kerutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: