Cara Memilih Skincare sesuai Jenis Kulit

Cara Memilih Skincare sesuai Jenis Kulit

SKINCARE- Memilih Skincare berdasarkan Jenis Kulit--

DISWAY JATENG - Cara Memilih Skincare sesuai Jenis Kulit. Pemilihan skincare untuk kulit bukan merupakan hal mudah bagi setiap orang khususnya wanita. Bagi wanita kulit wajah merupakan bagian kulit yang paling sensitif dam membutuhkan perawatan khusus.

Keputusan pembelian skincare setiap orang berbeda-beda, dari bagaimana ketertarikan terhadap suatu produk. Ada yang hanya berdasar pada siapa bintang iklan produk tersebut, maupun berdasarkan usul dari teman maupun influencer. Terkadang ada juga yang ingin mencoba skincare yang baru diluncurkan, hanya karena penasaran.

Hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan terus menerus akan berakibat pada kondisi wajah yang berjerawat, kusam maupun masalah lainnya. Yang membuat biaya perawatan menjadi lebih mahal dan memerlukan banyak perhatian.

BACA JUGA : Tips Merawat Kulit Wajah, Kenali 5 Jenis Sabun Pembersih Wajah yang Cocok Untuk Setiap Jenis Kulit

Ada beberapa jenis kulit yang bisa Anda diketahui:

1. Kulit Berminyak

Jenis kulit ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis kulit lain, yakni tidak mudah keriput. Dengan demikian, pemilik wajah tipe ini cenderung awet muda.

Dengan kelebihan lebih awet muda, ternyata jenis kulit ini memiliki banyak kekurangan. Diantaranya wajah lebih cepat berjerawat, adanya komedo hingga pori-pori besar yang akan dialami.

Cara pemilihan skincare yang dapat dilakukan dengan memilih skincare tanpa kandungan minyak. Terlebih pelembap, pada jenis kulit ini biasanya menggunakan pelembap berbentuk gel yang membuat wajah terlihat tidak berminyak.

Sebelum membeli skincare perhatikan keterangan pada kemasan yang memberi keterangan untuk kulit berminyak. Agar hasil akhir make up tidak terlihat berminyak dan memberi kesan flawless tanpa minyak.

Jika sekiranya wajah sudah mulai berminyak, gunakan face paper untuk menyerap minyak berlebih pada wajah. Jangan langsung menimpa dengan make up karena membuat hasil akhir akan tidak rata karena adanya minyak serta menimbulkan jerawat jika sering dilakukan.

2. Kulit Kering

Pemilik jenis kulit ini akan terlihat lebih tua, karena wajah yang sedikit mengandung minyak. Hal ini membuat timbulnya garis halus pada wajah, serta wajah akan terlihat kusam jika tidak menggunakan skincare yang tepat.

Selain itu, masalah lain akan timbul saat tinggal di wilayah dengan cuaca dingin dan saat berpergian. Wajah akan lebih cepat terlihat kusam dan pucat jika tidak melakukan touch up secara berkala.

Selain hal tersebut, kulit kering juga dapat terpengaruh dari perubahan hormon. Hal yang dihindari untuk kulit kering adalah sering membasuh wajah dengan air hangat.

BACA JUGA : Cara Merawat Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit !

Cara pemilihan skincare kulit jenis ini dengan menghindari kandungan alkohol yang akan membuat wajah semakin kering. Gunakan pelembap dengan tekstur krim yang membuat wajah tidak tampak kering.

Pilih pula skincare yang sesuai jenis kulit kering, yakni yang bersifat melembapkan yang berbentuk krim atau hydrating. Untuk mencegah kulit semakin kering dan kusam yang menyebabkan kemunculan masalah lain yang lebih serius.

3. Kulit Sensitif

Kulit jenis ini memiliki jenis kulit berminyak ataupun kering, namun ada hal yang membedakannya. Mulai dari tingkat sensitivitas kulit yang berbeda terhadap suatu produk skincare, yang menyebabkan banyak masalah pada kulit wajah.

Iritasi, merupakan hal yang dapat terjadi pada kulit senstif. Mulai dari timbulnya kemerahan pada kulit, ruam maupun gatal-gatal pada kulit.

Jika kulit sudah mengalami kemerahan, ruam atau bahkan gatal setelah menggunakan skincare. Hentikan penggunaan skincare tersebut dan segera berkonsultasi pada dokter kulit untuk pengobatan lebih lanjut.

Pemilihan skincare untuk kulit sensitif sama seperti kulit kering, yakni hindari penggunaan skincare dengan kandungan alkohol. Lebih baik gunakan skincare dengan bahan alami yang direkomendasikan untuk menghindari iritasi.

BACA JUGA : Serum Wajah Terbaik di 2024, Cocok Untuk Segala Jenis Kulit!

Pilihlah skincare sesuai jenis kulit, jangan gunakan skincare karena baru maupun viral. Karena bisa berakibat pada wajah yang berjerawat lebih parahnya dapat merusak wajah dalam jangkaa waktu lama.

Pastikan gunakan skincare dengan brand yang sama dan berijin BPOM agar mendapatkan hasil yang optimal. Serta tidak membuat wajah rusak di masa yang akan datang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: