Mengajukan Pinjaman untuk Melunasi Utang, Perlukah? Berikut Penjelasannya

Mengajukan Pinjaman untuk Melunasi Utang, Perlukah? Berikut Penjelasannya

mengajukan pinjaman untuk melunasi utang--foto investree blog

Agar dapat melunasi utang, sebaiknya gunakan tabungan daripada mengajukan pinjaman. Tentunya, progres menabung dapat terhambat karena kepentingan pelunasan utang.

Tidak perlu menarik semua saldo tabungan yang ada di rekening atau brankas pribadi. Cukup ambil secukupnya saja untuk membayar utang sebelum jatuh tempo.

Setelah utang sudah dilunasi, maka proses menabung bisa dilanjutkan kembali seperti semula. Pastikan untuk tidak mengajukan utang kembali agar tidak terjebak di masalah yang sama.

2. Menghemat Pengeluaran

Sebaiknya hemat pengeluaran. Dengan begitu, terdapat uang yang disisihkan dan dapat disimpan untuk kebutuhan pelunasan utang.

Untuk itu, buatlah catatan tabungan di buku tulis khusus untuk pembayaran utang pada periode tertentu. Di atas kertas yang polos, buatlah tiga kolom untuk mencatat pemasukan, pengeluaran, dan sisa dana yang dapat disimpan dan digunakan untuk membayar utang.

Perkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga dana untuk melunasi utang terkumpul. Agar bisa terlaksana dengan optimal, pastikan untuk menerapkan gaya hidup frugal living. Pertimbangkan biaya pengeluaran untuk kebutuhan belanja. Hindari dulu membeli barang-barang yang tidak diperlukan dan alihkan dana tersebut untuk melunasi utang.

3. Menjual Aset Berharga

BACA JUGA:Terjerat Hutang? Begini Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk, Cepat dan Efektif

Alihkan perhatian ke aset berharga yang dimiliki. Barang-barang yang bernilai tinggi bisa dijual dan mendatangkan dana yang dibutuhkan untuk melunasi utang.

Adapun aset-aset berharga yang bisa dijual cepat dan bernilai tinggi adalah emas batangan, emas perhiasan, dan emas koin. Semakin tinggi kadar kemurnian emas, maka nilainya pun akan cenderung lebih tinggi. Kadar emas tertinggi sendiri adalah 99,99% atau setara dengan 24 karat.

Setiap emas, baik itu batangan maupun perhiasan, akan ditandai dengan kode angka dan huruf. Sebagai contoh, kode 999 merujuk pada kadar emas 99,99%.

Menjual emas sendiri bisa dilakukan di toko emas, salah satu contoh toko emas yang menerima penjualan kembali adalah Galeri 24, yang merupakan anak usaha dari PT Pegadaian.

4. Menambah Pendapatan

Jika kemampuan finansial tidak memadai, maka jangan mengajukan pinjaman untuk melunasi utang. Cobalah untuk menambah pendapatan. Di samping menabung, pemasukan tambahan yang didapatkan dari side hustle dapat mempercepat pengumpulan dana untuk melunasi utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: