Jangan Panik! Begini 10 Cara Mengatasi Terlilit Hutang Pinjol yang Efektif, Solusi Jitu Agar Cepat Lunas

Jangan Panik! Begini 10 Cara Mengatasi Terlilit Hutang Pinjol yang Efektif, Solusi Jitu Agar Cepat Lunas

cara mengatasi terlilit hutang pinjol--foto tren ekonomi

Jika kalian merasa kesulitan mengatasi terlilit hutang pinjol, maka cobalah cari bantuan dari seorang kerabat yang paham tentang keuangan.

Mereka dapat memberikan saran yang membangun atau membantu kalian merencanakan strategi pengelolaan utang yang efektif. Kendati demikian, ingatlah bahwa kalian hanya mengharapkan saran bukan meminta melunasinya.

6. Tanya kepada Diri Sendiri tentang Keuangan 

Jika kalian terlilit utang pinjol, maka pikirkan pertanyaan sulit tentang keuangannya. Misalnya, apakah ada aset yang dapat kalian jual untuk membayar utang?, Bisakah kalian mencari pekerjaan sampingan untuk meningkatkan pendapatan?

7. Prioritaskan Utang dengan Bunga Tertinggi

Ketika kalian memiliki beberapa pinjaman online, maka prioritaskanlah utang dengan bunga tertinggi. Pembayaran bunga yang lebih tinggi dapat menguras keuangan kalian lebih cepat. Dengan melunasi utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu, maka kalian dapat mengurangi beban bunga yang harus dibayar.

8. Hubungi Pihak Pinjol

Kalian bisa menyampaikan dengan jujur tentang ketidakmampuan kalian untuk membayar pinjaman. Dengan begitu, pinjol bisa mencari solusi yang sesuai. Komunikasi ini penting dilakukan untuk menghindari penagihan oleh debt collector yang bisa membuat situasi menjadi tidak nyaman.

9. Minta Keringanan Bunga

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah 8 Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit yang Sudah Lama Menumpuk, Mudah dan Efektif

Bunga pinjaman yang tinggi seringkali mencekik para peminjam pinjol. Karena itu, salah satu langkah untuk mengatasi kesulitan membayar pinjol adalah dengan mengajukan permohonan keringanan bunga. Dengan pengajuan penurunan bunga ini, maka beban pembayaran pinjol bisa sedikit berkurang dan kalian bisa melunasi pinjaman dengan lebih ringan dan lebih cepat.

10. Segera Lunasi Pinjaman dengan Aset yang Ada

Solusi galbay pinjol selanjutnya adalah segera melunasi utang dengan menggunakan aset yang dimiliki. Kalian bisa segera melunasi pinjaman dengan cara menjual sebagian aset yang dimiliki. Beberapa jenis aset yang dapat dijual termasuk emas, perhiasan, kendaraan, tanah, dan lain sebagainya.

Penting untuk diingat bahwa tidak perlu terlalu merasa kehilangan atas aset yang akan dijual. Karena jika kalian mengabaikan masalah galbay pinjol maka reputasi keuangan kalian juga dapat terganggu. Hal ini dapat menghambat pengajuan pinjaman di masa mendatang.

Selain mengetahui beragam solusi ketika menghadapi galbay pinjol, lebih baik kaian mencegah hal itu terjadi di masa depan. Untuk itu, penting untuk merencanakan anggaran dengan bijak, di antaranya dengan menjadikan pembayaran pinjaman sebagai prioritas utama dalam anggaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: