7 Cara Efektif Mengatasi Terlilit Utang Pinjol, Wajib Dicoba agar Utang Cepat Lunas

7 Cara Efektif Mengatasi Terlilit Utang Pinjol, Wajib Dicoba agar Utang Cepat Lunas

cara mengatasi terlilit utang pinjol --foto poskota

DISWAY JATENG - Cara mengatasi terlilit utang pinjol alias pinjaman online merupakan solusi yang tepat, jika kalian mengalami galbay alias gagal bayar. Seperti yang diketahui, Debt Collector (DC) akan menagih ke rumah jika nasabah telat bayar. 

Pinjol atau pinjaman online saat ini menjadi pilihan buat banyak orang untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mendesak. Namun, ada saja nasabah yang gagal bayar (galbay). Untuk itu, perlu ketahui cara mengatasi terlilit utang pinjol.

Pengajuan pinjaman online yang mudah bisa menjadi jebakan jika tidak dikelola dengan baik. Kerena itu, melansir dari berbagai sumber, berikut Disway Jateng sajikan beberapa cara mengatasi terlilit utang pinjol supaya cepat lunas.

Namun, bagaimana cara mengatasi terlilit utang pinjol alias pinjaman online? Berikut ada beberapa langkah cerdas yang bisa kalian lakukan dan terapkan. Yuk simak berikut ini. 

BACA JUGA:5 Cara Lepas dari Kejaran DC Lapangan Pinjol Jika Terlilit Utang yang Menumpuk, Efektif dan Aman

 

1. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Meskipun terdengar seperti judul lagu, namun kalian perlu memaknainya secara nyata. Yang berarti sangat penting untuk menghindari mengambil pinjaman tambahan untuk melunasi utang pinjaman online. Hal ini hanya akan memperburuk situasi dan memperlebar utang kalian. Jadi, fokuslah pada utang yang belum lunas.

2. Buat Anggaran Keuangan yang Ketat

Silahkan buat anggaran keuangan yang ketat untuk mengelola pengeluaran kalian. Sisihkan sebagian besar pendapatan kalian untuk melunasi utang. Hindari pengeluaran yang tidak perlu dan saat ini fokuslah pada pembayaran utang.

3. Evaluasi Total Utang Kalian

Cara mengatasi terlilit utang pinjol berikutnya yaitu mengevaluasi total utang kalian. Catat semua pinjaman yang kalian miliki, termasuk jumlah utang, bunga yang harus dibayar, dan jatuh tempo pembayaran. Dengan begitu, maka kalian akan memiliki gambaran yang jelas tentang seberapa besar masalahnya.

BACA JUGA:Terlanjur Utang? Begini 12 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Lepas dari Beban Tagihan

4. Belajar Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: