Punya Hutang Menumpuk? Lakukan 5 Cara Melunasi Hutang Efektif Ini Sebelum Ditagih DC Lapangan

Punya Hutang Menumpuk? Lakukan 5 Cara Melunasi Hutang Efektif Ini Sebelum Ditagih DC Lapangan

HUTANG - Punya Hutang Menumpuk? Lakukan 5 Cara Melunasi Hutang Efektif Ini!--

DISWAY JATENG - Punya hutang menumpuk? Lakukan 5 cara melunasi hutang efektif ini. Hutang merupakan suatu kejadian yang membuat orang pusing. Karena dapat bertambah seiring berjalannya waktu.

Tentunya hutang jika tidak kunjung dilunasi akan semakin banyak dan membengkak yang dapat mempersulit pembayaran. Cara melunasi hutang efektif ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki hutang.

Cara melunasi hutang efektif ini dapat Anda terapkan untuk membuat hutang yang dimiliki lunas secara bertahap. Namun cara ini harus dilakukan dengan teratur dan sering agar hutang cepat lunas.

Cara melunasi hutang yang efektif 

1. Membuat Catatan Hutang

Cara melunasi hutang efektif yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat catatan hutang. Terutama yang memiliki hutang pada berbagai lembaga keuangan baik pinjol maupun perbankan.

BACA JUGA: Cara Melunasi Hutang dengan Mudah! Nomor 7 Bikin Hutang Auto Lunas!

Dengan mencatat secara lengkap mengenai hutang pada lembaga keuangan apa, berapa bunga pinjaman yang dibebankan. Ditambah lagi berapa lama pinjaman belum dilakukan pembayaran atau menunggak.

Ketika hutang yang dimiliki dicatat secara lengkap tentunya mudah dalam mengetahui jumlah hutang yang dimiliki. Dan hutang apa saja yang sudah dilunasi ketika sudah melakukan pembayaran.

2. Dahulukan Bayar Pinjaman dengan Bunga Tinggi

Setelah melakukan catatan tentang hutang yang dimiliki berikutnya adalah memprioritaskan pinjaman untuk dibayar. Karena semakin lama pinjaman tidak dilunasi maka bunga dan biaya akan semakin besar.

Dengan memilih membayar pinjaman yang memiliki bunga tinggi lebih dahulu untuk melakukan pembayaran menjadi pilihan. Sebab hutang yang memiliki bunga pinjaman besar tentu berpotensi galbay.

Jika sudah galbay tentunya akan sulit untuk melakukan pinjaman lain di kemudian hari. Jika pinjaman dengan bunga tinggi dilakukan pembayaran dapat dipastikan beban finansial akan berkurang.

BACA JUGA: Tak Perlu Panik, Inilah 6 Cara Melunasi Hutang yang Terlanjur Menumpuk Supaya Cepat Lunas

3. Menjual beberapa barang

Dengan menjual beberapa barang merupakan cara melunasi hutang efektif yang dapat dicoba ketika terdesak. Jika hutang dinilai sudah terlalu besar nilainya maka dengan menjual barang dapat menjadi pilihan.

Menjual barang terutama yang masih memiliki harga bersaing menjadi solusi cepat untuk melunasi hutang yang dimiliki. Seperti emas, tanah, perhiasan dan sebagainya yang bernilai.

Tentu saja melakukan penjualan barang ini yang tidak merugikan diri Anda sendiri, terlebih jika memiliki banyak hutang. Jangan menjual rumah atau kendaraan karena jika dilakukan tentu akan menyusahkan.

4. Mencari penghasilan tambahan

Cara berikutnya yang dapat dipilih adalah dengan mencari penghasilan tambahan untuk melunasi hutang yang dimiliki. Penghasilan tambahan di era digital seperti sekarang ini mudah ditemui.

Jika Anda memiliki pekerjaan utama yang menjanjika dan tidak bisa ditinggalkan pekerjaan online dapat menjadi pilihan. Yang tentunya dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun diwaktu luang.

BACA JUGA: 7 Cara Melunasi Hutang Pinjol Tanpa Perlu Waktu Lama untuk Lunas, Begini Solusi Cerdasnya

Namun jika Anda memiliki pekerjaan yang memiliki sistem shift dapat memilih mencari penghasilan secara offine. Misalnya berdangang yang tentu dapat dilakukan ketika ada waktu luang.

Keduanya dapat membuat hutang yang Anda miliki lunas ketika melakukannya secara konsisten dan berkala. Bukan hanya hutang yang dapat lunas, bahkan bisa menambah penghasilan yang menghindari pinjaman.

5. Jangan berhutang lagi

Cara melunasi hutang efektif yang terakhir wajib Anda coba adalah dengan jangan berhutang lagi. Walaupun hutang yang dimiliki sangat banyak dan mustahil untuk melunasinya jangan melakukan hal ini.

Jika hal ini dilakukan, salah satu pinjaman lunas akan timbul hutang baru yang tentunya membuat tersiksa. Tentunya hal ini dapat menambah beban finansial bagi Anda dikemudian hari.

Cara melunasi hutang efektif ini dapat Anda lakukan ketika memiliki hutang banyak yang menumpuk. Lakukan secara berkala dan hutang yang dimiliki dapat lunas secara efektif dan cepat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: