Simak! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online yang Wajib Kalian Ketahui sebelum Ajukan

Simak! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online yang Wajib Kalian Ketahui sebelum Ajukan

pinjaman online--foto agnesiaret

DISWAY JATENG - Perusahaan fintech yang menawarkan jasa pinjaman online semakin merebak dan menjamur. Ada banyak sekali platform online yang menjajakan layanan pinjol ini kepada masyarakat dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Hal ini secara tidak langsung membuat pinjaman online menjadi platform kredit digital yang semakin populer dan mudah untuk didapatkan.

Di balik segala keunggulan yang dimilikinya, kalian tetap harus bersikap waspada. Pasalnya, kalau sampai terjebak pada layanan ilegal, data pribadi dan kondisi keuangan terancam untuk terjerumus bak berada di ujung jurang yang terjal. Untuk itu, pastikan untuk selalu memilih platform atau layanan pinjaman resmi dan terdaftar OJK.

Kelebihan Pinjaman Online

Daya tarik utama pinjaman online adalah dari beragam keunggulan yang sulit ditemui pada produk kredit lainnya. Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa kelebihan pinjaman tersebut yang perlu kalian pahami, sebagai berikut :

1. Dana Pinjaman Dapat Dicairkan secara Instan

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah 5 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi, sangat Ampuh dan Efektif!

BACA JUGA:Cara Mengatasi Galbay Pinjol agar Tidak Didatangi DC Lapangan, Cek Solusinya yang Bisa Kalian Coba

Alasan banyak orang mengajukan pinjaman online adalah dana pinjaman yang dapat dicairkan secara instan, bahkan beberapa jam saja pasca pengajuan disetujui. Hal ini menjadikan pinjol sebagai alternatif paling tepat sebagai solusi untuk menuntaskan masalah keuangan mendesak. Beberapa tips yang perlu diketahui agar proses pengajuan dapat berjalan lancar dan mempercepat proses pencairan dana pinjaman adalah memastikan tidak ada ketentuan dan dokumen persyaratan yang terlewat serta mampu memenuhi seluruhnya.

2. Proses Pengajuan Mudah dan Praktis

Satu hal yang menjadi alasan utama pinjol begitu cepat populer di kalangan masyarakat adalah proses pengajuan yang mudah dan praktis. Berbeda dengan pinjaman konvensional, seluruh proses pengajuan pinjaman online dilakukan secara daring tanpa melalui proses survei atau wawancara dengan mendatangi kantor cabang yang berbelit. Cukup dengan memanfaatkan smartphone dan koneksi internet, kalian dapat mengajukan pinjaman online dan dana bisa langsung ditransfer ke nomor rekening yang dituju.

3. Syarat Simpel dan Anti Ribet

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan sulitnya memenuhi syarat pengajuan pinjaman konvensional, terutama keharusan memberikan aset sebagai agunan atau jaminan. Berbanding terbalik, pengajuan pinjaman online dapat dilakukan hanya dengan bermodalkan beberapa berkas pribadi saja, seperti, KTP, NPWP, dan slip gaji.

Mungkin kalian juga dapat menyiapkan sejumlah dokumen pendukung guna memuluskan proses pengajuan. Namun, asal mampu memenuhi syarat dasarnya saja, pengajuan biasanya akan selalu disetujui oleh pihak fintech.

Kekurangan Pinjaman Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: