12 Kuliner Khas yang Asli Dari Jawa Tengah; Wajib Dicoba, Pasti Bikin Ketagihan

12 Kuliner Khas yang Asli Dari Jawa Tengah; Wajib Dicoba, Pasti Bikin Ketagihan

Sate Ambal Khas Jateng--

DISWAYJATENG - Ngejelajah suatu daerah tuh gak lengkap banget kalau belum nyobain makanan khasnya, bro! Gak ada habisnya kalau kita bahas soal kuliner. Jawa Tengah emang jadi surganya wisata kuliner, banyak makanan khas yang bikin ngiler.

Jawa kan identik sama makanan manis, tapi siapa nyangka ada makanan Jawa yang asin juga, loh.

Nah, di sini kita bakal bahas tentang kuliner khas Jawa Tengah yang enak-enak dan bikin perut senang.

Kalau kamu ada rencana ke Jawa Tengah, makanan apa yang  bakal kamu cobain, ya? Atau udah pernah nyoba? Kalau belom, yuk simpen info dari artikel ini buat jadi referensi kuliner kamu nanti di Jawa Tengah.

BACA JUGA:12 Kuliner Semarang yang Wajib Kamu Cicipi. Rasanya Bikin Mau Lagi

Berikut beberapa makanan khas Jawa Tengah yang wajib kamu cobain!

1. Tahu Gimbal

Ini nih makanan khas Jawa Tengah yang gak boleh kamu lewatin, tahu gimbal! Makanan asli Semarang yang tenar banget karena rasanya yang unik.

Meski namanya tahu gimbal, tapi isinya banyak, bro. Ada kol mentah, tauge, telur, lontong, dan gimbal. Gimbal itu udang yang digoreng tepung, rasanya gurih abis.

Tahu gimbal ini keliatannya kayak gado-gado, kan? Iya bener! Semua isinya dicampur trus disiram bumbu kacang yang spesial, pake petis udang biar makin enak.

2. Tempe Mendoan

Siapa yang gak kenal sama tempe mendoan? Ini dia makanan khas Jawa Tengah yang ngehits. Bedanya sama tempe goreng biasa, tempe mendoan ini dikasih tepung.

Proses pembuatannya juga beda, biasanya tempe goreng tepung digoreng pake minyak banyak banget sampe kering. Nah, tempe mendoan meski digoreng banyak minyak, tapi gak sampe kering.

BACA JUGA:Warung Soto Kadipiro: Cita Rasa Lezat yang Terjaga Sejak 1921

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: