12 Kuliner Khas yang Asli Dari Jawa Tengah; Wajib Dicoba, Pasti Bikin Ketagihan

12 Kuliner Khas yang Asli Dari Jawa Tengah; Wajib Dicoba, Pasti Bikin Ketagihan

Sate Ambal Khas Jateng--

Kuahnya jernih, isinya potongan daging (bisa daging kerbau, ayam, atau sapi), tauge, mie, seledri, bawang goreng, nasi, dan kuahnya yang khas.

Biasanya disajikan dengan perkedel, gorengan, dan sate telur puyuh. Jadi, kalau kamu suka soto, jangan sampe kelewatan nyobain soto kudus ini!

6. Mie Ongklok

Kalau lagi jalan-jalan ke Jawa Tengah, jangan lupa nyobain mie ongklok. Ini makanan yang terkenal enak banget di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mie ongklok ini ada mie kuning yang direbus trus ditambahin berbagai macam bahan. Ada irisan kol dan daun kucai. Kuah mie ongklok ini kental banget, karena pake tepung kanji.

Tapi gak usah khawatir, kuah kentalnya ini malah enak banget. Bisa tambahin tempe kemul, sate sapi, atau keripik tahu buat nambahin keseruan makan kamu.

Tau gak, kenapa namanya mie ongklok? Soalnya proses masak mie ini pake ongklok, saringan bambu buat rebus mie dalam kuah kental. Jadi, makanan khas Jawa Tengah ini namanya mie ongklok. Udah pernah nyobain?

7. Nasi Gandul

Nasi gandul atau Sego Gandul, makanan khas Pati di Jawa Tengah. Mirip gulai dan semur daging sapi, kuahnya coklat gurih dan manis.

Kuliner ini terkenal di Desa Gajahmati, Pati. Walaupun gak berasal dari sana, tapi banyak pedagang yang tetap nyantum nama Gajahmati buat dagangannya.

Kalau lagi di Jawa Tengah, jangan lupa nyobain nasi gandul ini. Banyak tempat yang direkomendasiin. Salah satu yang terkenal adalah Warung Nasi Gandul Pak Meled, udah ada sejak 1955, lho!

8. Soto Sokaraja

Makanan khas Jawa Tengah selanjutnya adalah soto sokaraja. Dari Purwokerto dan Banyumas, soto daging ini disajikan dengan lontong, kerupuk kanji merah, dan sambel kacang yang gurih.

Pertama kali nyobain, pasti langsung suka sama rasanya yang gurih. Sambel kacangnya gak terlalu pedes, jadi bisa ditambahin sesuai selera. Kerupuk cantir merah juga wajib ada, lho.

Enak banget dimakan sambil diciprat kuah soto yang panas. Buat yang suka soto, jangan lewatkan buat nyobain soto sokaraja ini, bro!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: