4 Cara Anti Terjebak Pinjol Ilegal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindari Kerugian Pinjaman Online

4 Cara Anti Terjebak Pinjol Ilegal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menghindari Kerugian Pinjaman Online

cara anti terjebak pinjol ilegal --

DISWAY JATENG - Pinjaman online atau pinjol menjadi alternatif yang digunakan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan uang mendesak. Salah satu hal yang perlu di perhatikan yaitu cara anti terjebak pinjol ilegal.

Cara anti terjebak pinjol ilegal tentu saja perlu kamu perhatikan sebelum menggunakan pinjaman online. Dibalik kemudahan yang ditawarkan, calon nasabah perlu waspada terhadap praktik pinjol ilegal.

Memahi cara anti terjebak pinjol ilegal dapat menghindari hal yang merugikan calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman. Umumnya pinjol ilegal sering menyalahgunakan data pribadi nasabah dan masih banyak yang lainnya.

Karena itu sebaiknya calon nasabah harus mempertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman online. Berikut beberapa cara anti terjebak pinjol ilegal yang dapat kamu gunakan sebelum menggunakan pinjaman online.

BACA JUGA:10 Daftar Pinjol DC lapangan yang Datang ke Rumah Terbaru 2023, Kaum Galbay Perlu Hati-Hati!

Cara Anti Terjebak Pinjol Ilegal

1. Jangan sembarangan menggunakan tautan yang dikirim

Langkah pertama cara anti terjebak pinjol ilegal yang perlu kamu perhatikan yaitu tidak menggunakan tautan link sembarangan. Biasanya tautan yang dikirim melalui SMS, chat WA, Email, dan media sosial.

Hal yang perlu kamu waspadai jika ada penawaran pinjol jangan sampai mengklik tautan tersebut. Jika kamu merasa tidak mengenal pengirim atau curiga dengan tautan tersebut sebaiknya jangan di klik.

Dengan melakukan cara ini, dapat melindungi data pribadimu dari penipuan yang dilakukan oknum tertentu. Karena itu pastikan menggunakan tautan terpercaya dari website resmi pinjaman online legal.

2. Pastikan status legal pinjol di website resmi OJK

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu memastikan status legal platform pinjol. Calon nasabah yang ingin menggunakan pinjol bisa mengecek langsung di website resmi OJK.

BACA JUGA:Ini 6 Pinjol DC Lapangan Resmi OJK yang Datang Kerumah Apabila Gagal Bayar, Jangan Sampai Galbay!

Sebelum mengajukan pinjaman sebaiknya kamu menggunakan pinjol legal yang sudah mendapatkan izin resmi dari OJK. Pihak resmi OJK secara rutin akan merilis dan mengupdate daftar pinjol yang terdaftar dan legal.

Dengan memastikan status kelegalan tersebut kamu dapat memastikan bahwa pinjol yang digunakan aman dan terpercaya. Transaksi yang dilakukan juga tentunya aman dari data pribadi hingga cara penagihannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: