5 Jajanan Kering Khas Tegal Produk Asli UMKM Rasanya Renyah Murah Pasti Bikin Ketagihan

5 Jajanan Kering Khas Tegal Produk Asli UMKM Rasanya Renyah Murah Pasti Bikin Ketagihan

Jajanan kering khas Tegal produk asli UMKM-Tangkapan layar Kacang bogares produk asli UMKM-

DISWAY JATENG - Tegal daerah yang berada di kawasan Pantura dan masuk segitiga jalur strategis ramai lalu lalang kendaraan arah barat Jakarta, Timur Surabaya dan Selatan Purwokerto. Bagi kamu yang sedang singgah atau sekedar lewat ke kota yang dijuluki Kota Bahari ini, mampirlah walau hanya sebentar 5 jajanan kering khas Tegal ini pasti bikin ketagihan.

Menariknya jajanan kering khas Tegal ini asli produk UMKM dibuat dari tangan-tangan berbakat orang Tegal asli. Malahan Anda dengan mudah menjumpai warung-warung yang menjual jajanan kering asli Tegal ini di sepanjang jalan.

Ketika berkunjung ke luar kota tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner daerahnya, mengingat Anda dapat menemukan hal yang menarik dan unik selain dari kota yang Anda singgahi saat ini. Salah satunya saat Anda berkunjung ke Tegal, ada jajanan kering khas Tegal yang wajib Anda cicipi.

Apalagi setiap daerah pastinya mempunyai ciri khas tersendiri baik itu makanan, suasananya dan kuliner uniknya salah satunya jajanan kering khas Tegal. Mari kita simak agar Anda tidak penasaran betul dengan jajanan kering khas Tegal ini, baca sampai habis yah artikel ini.

Berikut ini 5 jajanan kering khas Tegal asli produk UMKM yang wajib di coba yaitu:

1. Pilus kletuk

Jajanan kering khas Tegal yang pertama yaitu pilus kletuk. Ini masuk kategori jajan "kletikan" pilus kletuk menjadi sajian yang istimewa apalagi dicampur dengan mie rebus, bakso, hingga mie ayam.

Cemilan pilus kletuk ini memang asli dibuat dari Tegal, sama seperti jajanan kering khas Tegal sebelumnya. Terbuat dari bahan-bahan pilihan seperti tepung terigu, tepung kanju, daun kucai, hingga bawang putih sajian pilus kletuk ini memiliki rasa yang dominan gurih original.

Kata orang Tegal, "Kurang sreg nek mangan kuah-kuah ora go pilus" artinya makan-makanan yang berkuah rasanya kurang pas jika tidak dibarengi dengan pilus.

2. Kerupuk antor

Jajanan selanjutnya adalah kerupuk antor jajanan khas Tegal, kerupuk antor menjadi salah satu dari sekian banyaknya jajan asli Tegal. Kerupuk antor ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dari kerupuk upil. 

Walaupun ukurannya lebih kecil, rasa yang ada pada kerupuk antor lebih dominan rasa bawang gurih. Sangat cocok untuk menjadi cemilan di siang hari, dikala menonton film, atau diwaktu senggang.

Menariknya jika Anda datang ke daerah Harjosari, Penarukan, dan Pagedangan Anda akan menjumpai banyak sekali rumah penghasil kerupuk antor.

Sekilas memang kerupuk antor hampir sama dengan jajan khas Kediri yakni kerupuk upil, padahal bila diperhatikan keduanya adalah makanan yang beda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: