5 Jajanan Kering Khas Tegal Produk Asli UMKM Rasanya Renyah Murah Pasti Bikin Ketagihan

5 Jajanan Kering Khas Tegal Produk Asli UMKM Rasanya Renyah Murah Pasti Bikin Ketagihan

Jajanan kering khas Tegal produk asli UMKM-Tangkapan layar Kacang bogares produk asli UMKM-

3. Kacang bogares

Kemudian Jajan kering khas Tegal berikutnya ada kacang bogares. Sesuai dengan nama Kacang Bogares, kacang ini memang ditanam dan diolah di daerah bogares, Kecamatan Pangkah.

Anda dengan mudah menjumpai jajan kering ini, sebab kepopulerannya menjadi cemilan orang Tegal, apalagi dengan ciri khasnya orang Bogares.

Tidak lengkap apabila tidak menyebut kacang bogares, mengingat cemilan ini disebut "kletikan" oleh orang Tegal. Kemudian apa sih yang membedakan kacang bogares dengan kacang biasa pada umumnya.

Sebenarnya rasa dari kacang bogares tidak berbeda jauh dari kacang pada umumnya. Namun teknik pengolahan yang dilakukan pada pembuatan Kacang Bogares ini sedikit berbeda, sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih otentik khas daerah Bogares.

4. Olos

Kemudian jajanan kering khas Tegal lainnya yaitu Olos. Walaupun jajanan ini termasuk ke kategori gorengan, tapi tetap memiliki ciri dan rasa yang cocok dengan orang Tegal. Adapun jajanan ini telah mengalami banyak perubahan terbukti dengan isian dari olos sendiri yang mulai bervariasi.

Yaitu sebelumnya hanya berisikan sayuran sekarang ada isian, ayam, sosis, hingga keju. Dengan isian sayuran, kol, wortel, cabai pedas sajian olos selalu menjadi yang ternikmat dikala disantap di siang ataupun sore hari.

Sangat murah untuk jajanan yang sudah lama ada ini, bahkan sejak dahulu ketika saya masih SD harganya tetap sama. Lebih untungnya lagi Anda hanya perlu membayar Rp500 untuk satu butir olosnya.

5. Keripik tahu

Lanjut jajanan kering khas Tegal yang terakhir ada keripik Tahu. Walaupun mempunyai tekstur dan rasa yang garing dan gurih, Anda tetap dapat merasakan lembutnya adonan tahu saat dimakan.

Sesuai dengan namanya jajan kering khas Tegal ini dibuat dari tahu kuning yang dipotong tipis-tipis yang lalu dilapisi dengan garam dan tepung beras.

Untuk mendapatkan satu bungkus keripik tahu, Anda cukup mengeluarkan uang Rp15 ribu saja, tidak terlalu mahal untuk mendapatkan makanan asli Tegal ini.

Kesimpulan

Demikian penjelasan 5 jajanan kering khas Tegal yang bisa Anda coba dan cicipi saat lewat dan berkunjung ke Tegal. Bagi kamu warga Tegal yang telah membaca artikel ini, berharap akan lebih mencintai dan menikmati kuliner atau jajanan yang dibuat oleh tangan-tangan berbakat asli Tegal. Semoga penjelasan artkel ini bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: