Mengintip Sejarah Kacang Bogares Khas Tegal, Cemilan Gurih dan Renyah Cocok untuk Dijadikan Oleh-oleh

Mengintip Sejarah Kacang Bogares Khas Tegal, Cemilan Gurih dan Renyah Cocok untuk Dijadikan Oleh-oleh

sejarah kacang bogares khas tegal --foto detail usaha

DISWAY JATENG - Kuliner kacang bogares khas Tegal merupakan salah satu kuliner industri rumahan khas Tegal yang berasal dari Desa Bogares Kidul, Pangkah, Kabupaten Tegal. 

Indonesia memang memiliki berbagai ragam kuliner, baik makanan, minuman bahkan cemilan dan diantaranya memiliki nama yang unik serta mengandung nilai sejarah di dalamnya. Salah satunya yaitu kacang bogares khas Tegal yang rasanya bikin nagih. 

Seperti namanya, camilan kacang bogares khas Tegal berasal dari salah satu desa di Kabupaten Tegal, yaitu Desa Bogares Kidul, Pangkah. Di daerah asalnya, kacang bogares tumbuh menjadi industri rumahan yang semakin pesat. Kini industri kacang bogares menjadi salah satu sumber penghasilan utama masyarakat Bogares Kidul. 

Menurut salah satu pedagang kacang bogares 'RAPI' Supriyati, kacang bogares khas Tegal pertama kalinya digagas oleh ayah dan saudaranya pada tahun 1950-an. Ia merupakan generasi pertama yang meneruskan bisnis rumahan tersebut. 

BACA JUGA:10 Makanan Khas Tegal yang Hits dengan Cita Rasa yang Unik, Penggemar Kuliner Wajib Coba!

"Nama bogares sendiri diambil dari nama desa setempat yaitu Desa Bogares Kidul," ucapnya saat ditemui di rumahnya di Desa Bogares Kidul. Namun saat ini, karena sudah tidak ada petani kacang, bahan baku didatangkan dari luar kota.

Dulu, kata Supriyati, ayahnya mengatakan di Desa Bogares banyak petani kacang tanah. Berawal dari banyaknya produksi kacang, disitulah muncul ide untuk mengolah hasil tani tersebut menjadi olahan yang bernilai ekonomi.

Kuliner tersebut juga bisa disebut cemilan khas Lebaran, karena banyak dicari masyarakat untuk dijadikan suguhan saat Lebaran. 

Bukan hanya soal nama, cemilan kacang bogares khas Tegal yang satu ini juga memiliki keunikan yang lainnya yaitu dalam proses penggorengan tidak menggunakan minyak namun menggunakan pasir. Itulah yang membedakan cita rasa kacang bogares dengan kacang lainnya.

BACA JUGA:7 Oleh-oleh Khas Tegal yang Legendaris dan Murah, Nomor 6 Enaknya Kebangetan!

"Satu kilogramnya sendiri saya jual Rp50.000/kg. Saya juga menyediakan berbagai ukuran untuk dijual di market-market dan di kios sendiri," ujarnya. 

Nah, bagaimana sebenarnya proses pembuatan kacang bogares menjadi produk camilan yang punya rasa khas. Sebenarnya, kacang Bogares diproduksi dari olahan kacang tanah yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang khas. Proses pengolahannya tidak digoreng, melainkan disangrai.

Cara Pengolahan Kacang Bogares Khas Tegal 

Mengutip data dari laman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, pengolahan kacang bogares  melalui beberapa tahap, sebagai berikut : 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: