Cerita Mistis Gunung Lawu Bikin Bulu Kuduk Merinding, Larangan Baju Warna Hijau!

Cerita Mistis Gunung Lawu Bikin Bulu Kuduk Merinding, Larangan Baju Warna Hijau!

cerita misteri gunung lawu--foto katadata

DISWAY JATENG - Gunung Lawu adalah Gunung berapi aktif di Jawa Tengah. Gunung berapi aktif ini berada diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Lokasi Gunung berada di tiga kabupaten yaitu Karanganyar (Jawa Tengah), Ngawi (Jawa Timur), dan Magetan (Jawa Timur). Saat ini Gunung Lawu menjadi kawasan wisata dan pendakian. 

Gunung Lawu termasuk gunung yang dipercaya oleh masyarakat yang memiliki misteri yang belum terpecahkan. Benar atau tidak, namun adanya kejadian-kejadian di luar nalar yang terjadi di gunung ini membuat masyarakat semakin percaya dengan hal-hal mistis di gunung.

Berikut Cerita Mistis Gunung Lawu :

1. Larangan Baju Warna Hijau

Banyak cerita mistis yang terjadi di Gunung Lawu. Seperti larangan mendaki dengan jumlah ganjil dan dilarang memakai baju warna hijau. Meski tidak tertulis, peraturan tersebut wajib dipatuhi untuk keamanan selama pendakian. Konon jika pendaki berjumlah ganjil akan digenapkan oleh makhluk lain.

BACA JUGA:Misteri dan Pesona Candi Cetho: Panggilan Makhluk Gaib di Puncak Gunung Lawu

Sedangkan larangan memakai baju warna hijau, dianggap Ratu Pantai Selatan menculiknya. Meski menjadi perdebatan karena lokasi Gunung Lawu dan pantai selatan sangat jauh, masyarakat dan pendaki mematuhi peraturan tidak tertulis itu. 

2. Diikuti Penunggu

Beberapa pendaki merasakan diikuti oleh penunggu Gungung Lawu. Bagi para pendaki merasakan suasana sekitar terasa berbeda. Konon di pos 4 pendakian dianggap tempat paling angker dan jarang sekali para pendaki mendirikan tenda ditempat tersebut. Mereka merasa nuansanya sangat berbeda ketika di pos 4 tersebut.

3. Mitos Sendang Drajat

Terdapat Sendang Drajat sebagai sumber mata air di sekitar gunung. Masyarakat setempat percaya siapapun yang meminum air disana bakal awet muda. Jika niatnya baik maka jalannya akan dipermudah. Dan jika niatnya buruk maka akan ada rintangan yang menghalangi.

4. Pasar Setan

Gunung Lawu disebut sebagai tempat sarangnya makhluk halus. Dengan ketinggian gunung sekitar 3.265 mdpl dianggap menyimpan cerita tentang kerajaan Majapahit. Puncak Gunung Lawu yang terkenal adalah Hargo Dalem. Sedangkan puncak tertinggi gunung yaitu Hargo Dumilah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: