PKK di Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Dilatih Batik Ecoprint

PKK di Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Dilatih Batik Ecoprint

PELATIHAN - Ibu - ibu PKK sedang mengikuti pelatihan batik ecoprint. Foto:Siti Maftukhah/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Kelompok Ibu - ibu PKK di Desa Rembul Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang, dilatih membuat batik ekoprinting. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, untuk tingkatkan ekonomi kreatif dengan membuat batik. 

Sekretaris Desa Rembul Tasir mengatakan, pelatihan batik ecoprint diharapkan bisa meningkatkan keterampilan ibu-ibu, dan menumbuhkan jiwa wirausaha. Setelah pelatihan agar terus dikembangkan, sehingga bisa menghasilkan kreatifitas menarik dan memiliki nilai jual tinggi. 

"Daun yang digunakan dalam pelatihan ini, tidak diharuskan memakai daun tertentu, yang penting menghasilkan motif bagus," katanya.

Ecoprint merupakan teknik atau proses menciptakan kain bermotif tumbuhan, dan motif nya berasal dari tanaman asli. Termasuk warna dan bentuknya seperti tumbuhan aslinya, sehingga cukup unik dan menarik. 

"Serat dedaunan jadi ecoprint, dan diharapkan dengan adanya pelatihan ini, bisa perkuat ekonomi kreatif di Rembul," imbuh Tasir. 

Susi Andriyani, salah satu peserta pelatihan mengatakan, dengan mengikuti pelatihan ekoprinting ini jadi punya pengetahuan bagaimana cara membuat batik ecoprint. Memang butuh waktu dan kesabaran, apalagi mempertahankan keaslian bentuk dan motif daun, namun hasilnya memuaskan apalagi jika sudah diperjualbelikan. 

"Telaten dan harus kreatif mengikuti bentuk daun asli, namun sangat menyenangkan dan jadi kegiatan yang menghasilkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id