Inilah 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan, Nomor 3 Menjaga Kesehatan Mata

Inilah 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan, Nomor 3 Menjaga Kesehatan Mata

Buah Salak Ilustrasi--by,BeTV.disway.id

2. Peningkatan daya ingat

Buah salak juga mempunyai kandungan beta karoten, pektin, dan kalium. Lalu, dipercaya bisa melancarkan aliran darah pada otak. Dengan mengonsumsi salak inilah mampu membantu meningkatkan daya ingat. Meski begitu, potensi dari buah salak itu masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Jaga kesehatan mata

Kesehatan mata diperoleh dari kandungan beta karoten yang terdapat dalam buah salak. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan konsumsi makanan kaya akan kandungan beta karoten tersebut, seperti salak, bisa mengurangi risiko penyakit katarak dan juga rabun senja.

4. Mengontrol kadar asam urat

Tidak hanya itu, manfaat buah salak selanjutnya yaitu bisa mengontrol kadar asam urat. Penelitian membuktikan bahwa salak punya kandungan senyawa yang bisa menghambat enzim xanthin oksidase yaitu berperan dalam memproduksi asam urat. Bahkan, manfaat tersebut diduga setara dengan obat asam urat.

BACA JUGA:7 Keistimewaan Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 2 Sudah banyak yang Tahu

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Pepaya Bikin Penyakit Ini Kabur, Nomor 3 Bisa Mengatur Kadar Gula Darah

5. Mencerahkan kulit

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukaan ini menunjukkan bahwa ekstrak salak dapat bermanfaat untuk bahan alami yang bisa mencerahkan kulit sebab ada kandungan vitamin C dan antioksidan.

Senyawa flavonoid di dalam ekstrak buah salak juga efektif dapat menekan produksi melanin, sehingga bisa bermanfaat sebagai bahan dasar pembuatan krim pemutih kulit.

BACA JUGA:Dibalik Rasanya yang Pahit, Ketahui 7 Manfaat Penting Daun Pepaya Bagi Kesehatan

6. Mencegah sembelit

Ada pula mitos yang masih dipercaya masyakarat bahwa dengan konsumsi salak bisa mengakibatkan sembelit atau susah untuk buang air besar. Hal ini masih bersifat mitos yang mana belum tentu kebenarannya, faktanya menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi salak secukupnya bisa mencegah terjadinya sembelit.

Itu karena kandungan serat pada salak sangat berguna dalam mendukung kesehatan saluran pecernaan, meningkatkan bakteri baik yang ada di usus, serta membuat tinja jadi lebih lunak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.betv.disway.id