Muka berjerawat? Pastikan Menggunakan 8 Cara Ini untuk Menghilangkannya

Muka berjerawat? Pastikan Menggunakan 8 Cara Ini untuk Menghilangkannya

Muka berjerawat? Pastikan Menggunakan 8 Cara Ini untuk Menghilangkannya-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Menjaga kesehatan kulit memang sangat dianjurkan, hal tersebut dikarenakan kulit merupakan yang banyak dilihat banyak orang sehingga harus terlihat sehat dan cantik.

Bahkan merawat kecantikan atau kesehatan pada kulit bukan hanya untuk wanita saja, akan tetapi bagi pria juga sangat dianjurkan untuk bisa menjaga kesehatan kulit terlebih lagi agar tidak timbul jerawat.

Berikut adalah 8 cara yang bisa dicoba bagi kalian yang ingin menghilangkan jerawat pada wajah, yakni antara lain:

Menggunakan Cuka apel

Cara yang pertama yakni dengan menggunakan cuka apel, dimana cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Bahkan kalian juga bisa mengaplikasikannya menggunakan kapas dan biarkan selama 5 menit, dan setelah itu tinggal bilas dengan air bersih. Akan tetapi jangan membiarkannya terlalu lama menempel di kulit wajah.

Hal itu sebab cuka apel mengandung asam asetat yang dapat memiliki efek mengiritasi dan merusak lapisan pelindung kulit.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah Kita

Jangan Menyentuh Jerawat

Cara menghilangkan jerawat pada wajah secara alami dan cepat selanjutnya yakni bagi kalian jangan menyentuh jerawat. Hal itu sebab jika kebiasaan ini bisa mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat.

Apabila menyentuh atau memencet luka jerawat juga dapat memasukkan lebih banyak bakteri ke dalam lesi, sehingga menyebabkan infeksi lebih lanjut dan dampaknya maka jerawat bisa menyebar dan semakin bertambah parah.

Menggunakan Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan C yang dimana dapat menghilangkan jerawat secara alami, bahkan tidak hanya memiliki zat antiinflamasi akan tetapi buah ini juga efektif memperkecil ukuran pori-pori wajah.

Sedangkan untuk caranya dengan menempatkan potongan-potongan tomat ke seluruh wajah secara merata, kemudian biarkan selama 15.20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Tetap Terhidrasi

Menjaga asupan cairan tubuh jadi cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat, hal itu sebab saat kulit kering maka bisa teriritasi atau rusak sehingga membuat jerawat semakin parah.

Dimana terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh dapat memastikan sel-sel kulit baru berkembang dengan baik saat proses penyembuhan luka, yakni dengan asupan umumnya sebanyak 2-3 liter per hari kamu bisa menyesuaikan dengan aktivitas harian.

Mengelola Stres

Stres juga bisa menyebabkan peningkatan kadar hormon androgen, dimana androgen merangsang folikel rambut dan kelenjar minyak di pori-pori sehingga meningkatkan risiko jerawat.

Cara untuk mengelola stres meliputi seperti mencukupi waktu tidur, makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, membatasi konsumsi alkohol dan kafein dan berlatih pernapasan dalam yoga atau meditasi.

BACA JUGA:Kenali 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat yang Membandel

Buah Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit, dimana kelebihan minyak kulit dapat memperburuk masalah jerawat dengan menyumbat folikel rambut.

Sedangkan untuk mendapatkan manfaatnya kalian juga bisa menggunakan pepaya sebagai masker wajah alami, yakni dengan pertama-tama haluskan pepaya dan aplikasikan ke seluruh wajah dan biarkan 30 menit dan bilas dengan air.

Menggunakan Teh Hijau

Hal tersebut karena kandungan antioksidannya sangat tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan jerawat.

Buah Alpukat

Cara menghilangkan jerawat yang terakhir dengan bahan alami bisa kamu lakukan dengan mengaplikasikan alpukat sebagai masker wajah, dimana bagian dalamnya mengandung vitamin E yang bekerja mengurangi peradangan pada kulit.

Sedangkan untuk caranya yakni dengan menghaluskan alpukat, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Bahkan kalian juga dapat mencampurnya dengan madu, dan biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:Cara Mengonsumsi dan 4 Manfaat Minyak Buah Markisa untuk Rambut

Demikian itulah pembahasan kita mengenai 8 cara untuk menghilangkan jerawat, semoga bisa bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: