Cegah Osteoporosis, 6 Buah Ini Baik Untuk Kesehatan Tulang Bila Rutin Dikonsumsi

Cegah Osteoporosis, 6 Buah Ini Baik Untuk Kesehatan Tulang Bila Rutin Dikonsumsi

Ilustrasi buah yang baik untuk kesehatan tulang--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Anda tidak ingin terkena osteoporosis? Ini 6 buah yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Dari tulang yang sehat, maka aktivitas harian pun dapat dijalani dengan baik, tanpa adanya gangguan dan hambatan.

Akan tetapi untuk memiliki tulang, tidak dapat dibiarkan begitu saja melainkan harus dijaga. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tulang sehat, seperti yang dapat ditemui dalam buah .

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 6 buah yang baik untuk kesehatan tulang dan cegah osteoporosis:

1. Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis. Alasannya adalah karena jeruk kaya akan vitamin C.

Vitamin C memiliki peran penting dalam pembentukan kolagen, protein yang membantu memperkuat jaringan tulang, sendi, dan kulit.

Selain itu, vitamin C juga membantu dalam penyerapan kalsium, mineral yang esensial untuk kepadatan tulang. Kalsium merupakan komponen utama dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

Dengan memperkuat jaringan tulang dan membantu penyerapan kalsium, vitamin C dalam jeruk dapat berkontribusi pada kesehatan tulang yang baik dan mencegah osteoporosis.

2. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan tulang dan mampu membantu mencegah osteoporosis. Alasannya adalah karena pisang mengandung kalium, mineral penting yang mendukung keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Keseimbangan elektrolit yang baik adalah penting untuk menjaga kesehatan tulang karena elektrolit membantu dalam proses metabolisme tubuh, termasuk penyerapan nutrisi seperti kalsium.

Kalium juga membantu dalam menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh, yang dapat berdampak pada kesehatan tulang.

BACA JUGA:7 Kebiasaan Ini Bikin Energi Mudah Terkuras Sepanjang Hari, Begadang Salah Satunya

3. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis.

Salah satu alasan utamanya adalah karena kiwi mengandung vitamin K, vitamin C, dan kalium yang penting untuk kesehatan tulang.

Vitamin K

Vitamin K berperan dalam metabolisme tulang dan membantu dalam proses pembentukan protein yang diperlukan untuk membangun jaringan tulang yang kuat.

Vitamin C

Seperti pada penjelasan sebelumnya, vitamin C penting untuk pembentukan kolagen, protein yang mendukung struktur tulang dan kekuatannya.

Kalium

Kalium berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit dan asam-basa dalam tubuh, yang dapat mempengaruhi kesehatan tulang.

Dengan mengonsumsi kiwi, Anda bisa mendapatkan manfaat dari kombinasi nutrisi ini untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang Anda.

4. Buah Beri

Buah-buahan beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry adalah sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis. Alasannya adalah karena buah-buahan beri ini kaya akan antioksidan dan vitamin C.

Antioksidan

Buah-buahan beri mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan anthocyanin. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh, termasuk sel-sel tulang, dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen, yang penting untuk kekuatan dan elastisitas jaringan tulang.

BACA JUGA:Pikiran Sedang Stres dan Cemas? 5 Jenis Teh Ini Bisa Redakan Stres dan Bikin Rileks

5. Apel

Apel mengandung boron, mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Boron berperan dalam meningkatkan penyerapan kalsium, magnesium, dan fosfor, yang semuanya mendukung kepadatan dan kekuatan tulang.

Oleh karena itu, mengonsumsi apel secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang Anda.

6. Alpukat

Alpukat mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tulang, termasuk vitamin K, vitamin C, dan kalium.

Vitamin K dalam alpukat mendukung proses pembentukan protein yang penting untuk tulang yang kuat. Vitamin C membantu dalam pembentukan kolagen, dan kalium mendukung keseimbangan elektrolit yang berkontribusi pada kesehatan tulang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber