7 Kebiasaan Ini Bikin Energi Mudah Terkuras Sepanjang Hari, Begadang Salah Satunya

7 Kebiasaan Ini Bikin Energi Mudah Terkuras Sepanjang Hari, Begadang Salah Satunya

Ilustrasi kebiasaan yang bikin energi mudah terkuras--pinterest

DISWAYJATENG.ID- Tingkat energi seseorang dapat bervariasi dari hari ke hari. Tetapi ketika kita terus merasa lelah sepanjang waktu, bisa jadi ada yang salah pada kebiasaan yang sering kita lakukan.

Ya, kebiasaan sehari-hari memang dapat berpengaruh pada tingkat energi yang dimiliki untuk menjalani aktivitas.

Banyak faktor dari kebiasaan yang tidak kita sadari dan itu bisa menguras tingkat energi.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 7 kebiasaan yang bikin energi mudah terkuras sepanjang hari:

1. Kurang tidur

Tidur adalah proses alami yang penting bagi tubuh dan otak kita untuk pulih dan memulihkan energi.

Saat kita tidur, tubuh melakukan berbagai proses penting seperti perbaikan jaringan, konsolidasi ingatan, dan regulasi hormon.

Jumlah tidur yang cukup bervariasi tergantung pada usia dan individu, namun umumnya orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur setiap malam.

Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat mengakibatkan berbagai masalah, termasuk penurunan energi, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, mood yang buruk, dan bahkan masalah kesehatan jangka panjang seperti peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebiasaan tidur yang sehat dan konsisten guna memastikan Anda memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

2. Konsumsi makanan tidak sehat

Makanan yang tidak seimbang dan kaya akan lemak jenuh, gula tambahan, serta makanan olahan rendah gizi dapat menyebabkan penurunan energi.

Makanan seperti makanan cepat saji, camilan manis, dan minuman bersoda tinggi gula cenderung memberikan energi singkat yang diikuti oleh penurunan tajam.

Makanan tidak sehat juga dapat memicu fluktuasi gula darah yang dapat menyebabkan perasaan lelah dan kantuk.

Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang kaya serat, protein, vitamin, dan mineral dapat memberikan energi yang lebih berkelanjutan dan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

BACA JUGA:Selain Makanan Pedas, 7 Makanan Ini dapat Menyebabkan Asam Lambung Naik

3. Minuman berkafein berlebihan

Kafein adalah zat stimulan yang umum ditemukan dalam kopi, teh, minuman energi, dan minuman ringan berkafein lainnya.

Meskipun konsumsi kafein dalam jumlah sedang dapat memberikan dorongan energi sementara dan meningkatkan kewaspadaan, minum kafein secara berlebihan atau terlalu dekat dengan waktu tidur dapat memiliki efek negatif pada pola tidur dan energi.

Kafein dapat memengaruhi kualitas tidur dan menyebabkan kesulitan untuk tidur atau tidur yang tidak nyenyak.

Jika Anda minum kafein terlalu banyak, terutama di sore atau malam hari, Anda mungkin akan mengalami kesulitan tidur dan kelelahan keesokan harinya.

4. Kurangnya aktivitas fisik

Aktivitas fisik memiliki peran penting dalam menjaga tingkat energi tubuh. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki kondisi jantung dan paru-paru, serta merangsang pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan energi.

Ketika kita memiliki gaya hidup yang kurang aktif, tubuh cenderung mengalami penurunan energi dan kelelahan.

Rutinitas fisik yang minim dapat mengakibatkan penurunan fungsi otot dan peningkatan risiko masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan atau penyakit jantung.

Dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin, Anda dapat meningkatkan tingkat energi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan merasa lebih segar sepanjang hari.

5. Terlalu Banyak Stres

Stres kronis atau terlalu banyak tekanan emosional dapat menguras energi secara mental dan fisik.

Ketika kita dalam keadaan stres, tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol yang dapat mempengaruhi sistem saraf dan menguras sumber daya energi.

Stres yang berkepanjangan juga dapat mengganggu tidur, meningkatkan ketegangan otot, dan mengganggu fokus, yang semuanya berkontribusi pada penurunan energi.

BACA JUGA:5 Tanaman Herbal dengan Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan, Wajib Ada di Rumah!

6. Terlalu Banyak Multitasking

Berusaha melakukan terlalu banyak hal sekaligus atau multitasking terus-menerus dapat menguras konsentrasi dan energi.

Saat kita berfokus pada banyak tugas sekaligus, otak perlu beralih antara aktivitas-aktivitas tersebut, yang dapat menurunkan efisiensi dan menyebabkan rasa kelelahan mental.

7. Terlalu Sering Menunda-nunda

Kebiasaan menunda-nunda atau prokrastinasi dapat memberikan perasaan stres dan cemas karena tugas-tugas penting terus ditunda.

Ini tidak hanya menguras energi mental akibat perasaan bersalah atau cemas, tetapi juga dapat mengganggu produktivitas dan mengarah pada penumpukan pekerjaan, yang pada akhirnya menguras lebih banyak energi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber