Inilah Manfaat Daun Kemangi Yang Jarang Orang Ketahui, Berikut 8 Contoh Olahan Daun Kemangi!

Inilah Manfaat Daun Kemangi Yang Jarang Orang Ketahui, Berikut 8 Contoh Olahan Daun Kemangi!

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh--

DISWAYJATENG.ID - Wah, inilah manfaat Daun kemangi (Ocimum basilicum var. citriodorum) adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Dikenal karena aromanya yang khas dan rasa yang segar, daun kemangi tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan dan bumbu, tetapi juga memiliki sifat-sifat yang bermanfaat.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi daun kemangi:

1. Kaya Antioksidan

Daun kemangi mengandung senyawa antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan dapat membantu mencegah penyakit kronis.

2. Menyehatkan Jantung

Daun kemangi mengandung beta-karoten, magnesium, dan kalium, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko hipertensi.

3. Mendukung Pencernaan

Kandungan serat dalam daun kemangi membantu memperbaiki fungsi pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, meningkatkan pergerakan usus, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4. Menjaga Fungsi Otak

Daun kemangi mengandung senyawa eugenol, yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dan meningkatkan fungsi kognitif.Konsumsi daun kemangi dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mencegah masalah neurodegeneratif.

5. Efek Antiinflamasi

Senyawa-senyawa dalam daun kemangi memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat dalam mengatasi masalah seperti arthritis dan kondisi peradangan lainnya.

BACA JUGA:Jangan Pandang Sebelah Mata: Berikut Ini Manfaat Dahsyat Makanan Pedas, Nomor 3 Sangat Menarik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: