Tak Hanya Terkenal dengan Lawang Sewu, Semarang Punya Wisata Religi yang Wajib Kamu Kunjungi, Ada Apa Saja?

Tak Hanya Terkenal dengan Lawang Sewu, Semarang Punya Wisata Religi yang Wajib Kamu Kunjungi, Ada Apa Saja?

Ilustrasi wisata religi semarang--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Semarang, merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah yang mempunyai begitu banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, kuliner, sampai religi.

Gaya bangunan kuno dengan arsitektur lampau itu menjadi daya tarik tersendiri di objek wisata religi Semarang.

Kota Semarang memiliki tempat ibadah berbagai agama yang menjadi daya tarik wisata religi. Tempat wisata religi itu biasa digunakan untuk berziarah hingga latihan manasik haji.

Penasaran dengan objek wisata religi apa saja yang ada di Semarang? 

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 wisata religi yang ada di Semarang:

1. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Berlibur ke Semarang belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Masjid Agung Jawa Tengah. Dibangun dari tahun 2001, masjid ini pertama kali diresmikan pada tahun 2006.

Payung-payung raksasa yang berada di pelataran merupakan daya tarik utama dari tempat ibadah ini, karena mirip dengan Masjid Nabawi yang ada di Madinah.

Masjid Agung Jawa Tengah ini telah populer sebagai salah satu destinasi wisata religi yang laris dikunjungi masyarakat setempat maupun oleh para wisatawan yang berasal dari luar pulau Jawa.

Masjid ini berlokasi di jalan Gajah Raya Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah.

Kamu bisa melihat bangunan masjid Agung yang berdiri kokoh dan terlihat sangat megah dengan luas lahan mencapai 10 hektar.

Luas bangunan induknya sekitar 7.669 m2. Gaya arsitektur yang dipadukan budaya Jawa Tengah dan arsitektur Yunani telah membuat masjid ini menjadi salah satu wisata populer yang memiliki daya tarik tersendiri.

Pilar-pilar megah berjumlah 25 berbentuk koloseum semakin membuat masjid Agung layak dimasukkan ke dalam daftar kunjungan Kamu.

2. Masjid As Safinatun Najah

Selain Masjid Agung Jawa Tengah, kamu juga bisa berwisata religi di Masjid As Safinatun Najah atau yang populer juga disebut Masjid Kapal.

Menariknya, masjid ini masuk ke dalam jajaran bangunan dengan struktur unik karena menyerupai kapal.

Pemilik masjid ini adalah Muhammad, seorang yang berasal dari Arab Saudi dan lama menetap di Pekalongan.

Ia membangun masjid berbentuk kapal karena terinspirasi dari kisah Nabi Nuh AS dan bahtera penyelamatnya sehingga disebut sebagai Bahtera Nabi Nuh AS.

Masjid ini berlokasi di Jalan Kyai Padak RT 05/RW 05, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang

Masjid As Safinatun Najah didominasi dengan warna cokelat dan krem. Selain unik, pemandangan di sekelilingnya pun nggak kalah cantik. Ada banyak pepohonan dan sawah hijau yang bisa kamu lihat sejauh mata memandang.

Masjid As Safinatun Najah terdiri dari empat lantai yang memiliki fungsi berbeda-beda. Lantai pertama digunakan sebagai ruang pertemuan, lantai kedua dan ketiga sebagai tempat beribadah. Sementara lantai keempat berfungsi sebagai rooftop untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian.

BACA JUGA:Kisah Misteri dan 3 Hal yang Perlu kalian Tahu Tentang Wisata Pantai Greweng Yogyakarta

3. Firdaus Fatimah Zahra

Wisata religi ini cukup viral di berbagai kalangan. Firdaus Fatimah Zahra merupakan tempat wisata bernuansa Mekkah, awalnya tempat ini hanya digunakan sebagai tempat latihan manasik haji saja, tapi karena banyak orang yang tertarik akhirnya Fatimah Zahra dibuka untuk umum.

Disini Kamu dapat merasakan sensasi tanah suci Makkah dengan berbagai macam replika dan miniatur bangunan-bangunan seperti yang ada di Arab, seperti Ka'bah, Masjid Nabawi, hingga Jabal Rahmah.

Firdaus Fatimah Zahra berlokasi di Muntal, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang atau sekira membutuhkan waktu 30 menit dari pusat Kota Semarang.

4. Klenteng Sam Po Kong

Tempat ibadah yang berada di kawasan Gunung Batu ini punya sejarah yang menarik. Berkaitan dengan Sam Po Kong dan Laksamana Cheng Ho.

Tetapi sekarang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. Klenteng Sam Po Kong selalu ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur.

Klenteng Sam Po Kong terdiri dari beberapa bangunan bernuansa merah khas Tionghoa. Desain arsitekturnya cantik, cocok untuk latar foto.

Apalagi sekarang ada persewaan baju tradisional China yang bisa disewa. Jadi makin terasa nuansa Tionghoa-nya.

BACA JUGA:Ini Dia Sejarah dan 4 Hal Tentang Indahnya Wisata Pantai Jungwok Yogyakarta

5. Pura Agung Giri Natha

Bagi Kamu yang berdomisili di kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya pasti tidak asing dengan pura yang satu ini.

Pura Agung Giri Natha dikenal sebagai salah satu destinasi wisata religi kota Semarang yang berlokasi di jalan Sumbing, No.12, Gajah Mungkur, Semarang.

Dari Pura Agung Giri Natha, Kamu berkesempatan menikmati salah satu view terbaik pusat kota Semarang dengan sangat jelas.

Selain itu, Kamu juga bisa menikmati suasana khas Bali di bagian pura ini, apalagi dengan berbagai ornamen khas Hindu yang menghiasi seluruh sudut pura. Kamu wajib memasukkannya ke dalam daftar wisata religi kunjungan Kamu, ya!

Nah, itulah tempat-tempat wisata religi yang ada di Semarang yang patut Kamu kunjungi. Jangan lupa mampir ke salah satunya saat berkunjung ke sana dan abadikan foto sebanyak mungkin agar semakin berkesan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber