Punya Peran Penting, Ini Akibat Kekurangan Air Putih Pada Tubuh yang Tak Boleh Disepelekan!

Punya Peran Penting, Ini Akibat Kekurangan Air Putih Pada Tubuh yang Tak Boleh Disepelekan!

Ilustrasi Akibat Kekurangan Air Putih Pada Tubuh--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Air merupakan salah satu asupan penting untuk bahan bakar sel, menjaga fungsi otak, dan menunjang kinerja organ tubuh.

Kandungan air pada tubuh manusia mencapai 60-70 persen dari berat tubuh. Maka dari itu, kebutuhannya perlu dijaga agar tidak menyebabkan masalah kesehatan tubuh.

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung tingkat aktivitas, suhu, dan kondisi kesehatan masing-masing orang.

Rata-rata, orang dewasa perlu minum air sebanyak delapan atau sembilan gelas per hari.

Saat tubuh banyak mengeluarkan keringat karena aktivitas fisik atau cuaca panas, kebutuhan cairan bisa meningkat.

Kurang minum air putih atau cairan lain dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan.

Akibatnya, keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu, sehingga tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Kondisi tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan.

Berikut beberapa akibat kurang minum air putih yang tak boleh disepelekan:

1. Ketidakseimbangan cairan dan elektrolit

Saat tubuh kekurangan cairan akibat kurang minum, tubuh akan kehilangan air lebih cepat daripada kehilangan elektrolit.

Akibatnya, terjadilah ketidakseimbangan elektrolit yang dapat menyebabkan kejang otot, kelemahan dan detak jantung tidak teratur.

Tergantung dari seberapa berat dehidrasi yang diakibatkan, kehilangan 1-2% cairan tubuh saja dapat menyebabkan rasa haus yang kuat, kehilangan cita rasa, dan perasaan tidak nyaman.

Bila kehilangan mencapai 3-4% dapat mengakibatkan kesulitan konsentrasi, gemetar berlebihan, mengantuk, muntah, dan ketidakstabilan emosi.

Jaga kadar keseimbangan elektrolit tubuh dengan mengonsumsi air sesuai kebutuhan tubuh, karena elektrolit memerankan peran kunci dalam menjaga fungsi jaringan, termasuk peran natrium dalam komunikasi saraf.

BACA JUGA:Kaya Nutrisi dan Omega-3! Berikut 7 Manfaat Kerang Hijau Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi dengan Benar

2. Tekanan darah menurun

Saat tubuh kurang minum air putih atau cairan lain, seseorang bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat volume plasma darah yang mengandung protein menurun.

Dampaknya, tekanan darah orang yang kurang minum air putih juga bisa ikut turun.

3. Mudah merasa lelah

Salah satu masalah dari kurang minum air putih adalah tubuh yang merasa lelah dan bahkan lemah. Hal ini terjadi saat tubuh alami dehidrasi.

Sebab, cairan berguna untuk menurunkan kemampuan tubuh untuk mengedarkan darah dari pembuluh darah ke organ.

Saat darah yang kaya oksigen dan nutrisi tidak dapat berfungsi dengan baik, tentu tubuh juga tidak dapat berfungsi dengan maksimal.

Otak pun tidak dapat mengirim sinyal seperti biasanya yang menimbulkan pikiran berkabut dan kelelahan.

BACA JUGA:Hanya Butuh 5 Menit, Inilah 6 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat!

4. Masalah pencernaan

Tubuh yang kekurangan cairan dapat memengaruhi pergerakan usus dan memengaruhi produksi limbah. Saat tubuh terhidrasi, reseptor air di pencernaan menarik uap air untuk melunakkan tinja.

Jika tubuh tidak memiliki cukup air, kotoran mungkin menjadi keras, sehingga menyebabkan sembelit dan sulit untuk buang air besar. Beberapa efek samping juga dapat timbul, seperti kram dan sakit perut.

Tubuh juga membutuhkan air untuk menghasilkan urine. Padahal, buang air kecil dapat menjadi salah satu cara tubuh untuk menghilangkan limbah dan racun dari tubuh.

Saat tubuh kesulitan buang air kecil secara teratur, tentu risiko untuk alami infeksi dapat meningkat secara signifikan. Beberapa gangguan yang bisa terjadi, antara lain batu ginjal dan ISK.

5. Meningkatkan risiko stroke

Dampak kurang minum air putih lainnya adalah dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke.

Menurut penelitian, dehidrasi dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke dan membuat seseorang lebih lama untuk sembuh jika sudah mengalaminya. Maka dari itu, pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih setiap hari.

Itulah beberapa masalah yang dapat terjadi saat tubuh kekurangan konsumsi air putih. Sangat penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi, sehingga fungsi organ di seluruh tubuh tetap maksimal.

Jika cuaca sedang panas-panasnya, pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak cairan agar dehidrasi tidak terjadi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber