Inilah 7 Fakta di Balik Bahaya Minum Kopi Setiap Hari, Asalkan Sesuai Takaran

 Inilah 7 Fakta di Balik Bahaya Minum Kopi Setiap Hari, Asalkan Sesuai Takaran

Efek minum kopi setiap hari--by.Arus mahakam

DISWAY JATENG.ID - Banyak orang yang mengatakan bahwa minum kopi setiap hari dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Tetapi, tidak sedikit pula yang menilai tidak ada sisi bahaya minum kopi setiap hari. Lantas, manakah yang benar dari dua pernyataan tersebut? Ayo kita simak faktanya di bawah ini.

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Minuman ini telah tersedia dalam beragam jenis, ada kopi hitam klasik atau kopi tubruk, kopi hijau, kopi luwak, dan kopi putih (white coffee).

Walau rasanya yang pahit, kopi punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, antara lain meningkatkan stamina dan energi, memperbaiki mood, melancarkan metabolisme, meningkatkan konsentrasi, dan menghalau rasa kantuk.

Bila dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai, kopi juga disebut bisa menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, penyakit jantung, dan stroke.

Berikut ini Fakta Medis terkait Bahaya Minum Kopi Setiap Hari. Kopi memang bermanfaat untuk kesehatan, namun minuman ini juga mempunyai beberapa efek samping, terlebih bila dikonsumsi terlalu sering atau banyak.

BACA JUGA: Ingin Terhindar dari Diabetes Tipe 2? Inilah 11 manfaat Kopi Hitam tanpa Gula Bagi Kesehatan

Inilah 7 Fakta di Balik Bahaya Minum Kopi Setiap Hari,Asalkan sesuai Takaran

Berikut ini beberapa bahaya minum kopi setiap hari yang perlu Anda ketahui:

1. Menimbulkan rasa cemas

Kafein yang terkandung dalam kopi memang bisa meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan mengatasi rasa kantuk. Tetapi, bila dikonsumsi terlalu sering, apalagi sampai berhari-hari, kopi justru bisa mengakibatkan timbulnya kecemasan dan kegelisahan.

Bila tidak dibatasi, konsumsi kopi yang terlalu banyak bahkan dapat berisiko menyebabkan Anda mengalami gangguan kecemasan.

2. Menyebabkan gangguan tidur

Kafein pada kopi adalah zat stimulan yang bisa membuat kinerja otak dan saraf lebih aktif. Inilah sebabnya mengapa minuman berkafein, seperti kopi, teh, cokelat, atau minuman berenergi, dapat mencegah dan menghilangkan rasa kantuk.

Tetapi, bila dikonsumsi terlalu sering, kopi atau minuman berkafein lainnya dapat mengganggu kualitas tidur serta membuat Anda menjadi susah tidur. Hal ini dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami gangguan tidur atau insomnia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.alodokter.com