Fantastis, Anggaran Kemah Bhakti Pemuda Kabupaten Brebes Telan Anggaran Rp104 Juta

Fantastis, Anggaran Kemah Bhakti Pemuda Kabupaten Brebes Telan Anggaran Rp104 Juta

embangun kebersamaan untuk pemilu yang damai--

 BREBES, DISWAYJATENG - Anggaran kemah bakti organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan (OKP) selama tiga hari di Obyek Wisata Waduk Malahayu Kecamatan Banjarharjo beberapa waktu cukup fantastis. Pasalnya, kegiatan yang digawangi KNPI Kabupaten BREBES besama OKP tersebut menelan anggaran hingga Rp. 104 juta. 

Dari informasi yang ada, anggaran tersebut berasal dari APBD melalui Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes.  Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Jadi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dimulai pada Jumat sampai Minggu, 28 - 30 Juli lalu.

BACA JUGA:Peduli Penanganan Stunting di Brebes, KNPI Ikut Donasikan Telur di Desa Kalimati

Ketua DPD KNPI Kabupaten Brebes Hendrik Maulana saat dihubungi mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan agenda dari Dindikpora Kabupaten Brebes. Sehingga, pihaknya tidak terlalu mengetahui tentang besaran anggaran dan penggunaannya.

"Kalau kami hanya datang ke lokasi bersama dengan OKP, segala sesuatunya sudah ada semua. Jadi soal anggaran itu saya tidak tahu menahu, termasuk transport peserta itu juga dari dinas semua," ujarnya.

BACA JUGA:Pimpin KNPI Jateng, Ganjar Titip Tiga ‘PR’ untuk Putri Bambang Pacul

Terpisah, mantan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dindikpora Brebes, Fajar Adi Widiarso yang saat ini menjabat Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes membenarkan. Ia mengatakan, peserta kemah bakti KNPI diikuti 200 orang peserta. Mereka terdiri dari OKP dan pengurus kecamatan KNPI se Kabupaten Brebes. Ada juga perwakilan siswa dari beberapa sekolah. 

"Peserta ada 200 an orang, kegiatan dari Jumat siang sampai Minggu siang. Anggaran itu untuk sewa tenda, makan peserta tiga kali sehari, snack, dan untuk pintu masuk objek wisata. Inklud juga dengan sewa kendaraan dan lainnya," kata Adi di kantornya, Selasa (1/8). 

Adi menyebut, anggaran Rp 104 juta belum dipotong berbagai macam pajak, baik pajak daerah maupun pajak nasional dan biaya lain-lain. Di sisi lain, kegiatan kemah bakti KNPI ini bertujuan untuk membangun kepedulian dan silaturahmi serta mewujudkan kepedulian sosial dan lingkungan. Kemah bakti ini bukti bahwa guyubnya pemuda, dan tidak menjatuhkan satu sama lain. KNPI sebagai wadah pemuda menjaga bagaimana pemuda bisa berkontribusi untuk kemajuan daerah.

"Saat kegiatan juga peserta membagikan telur kepada masyarakat sekitar. Kami juga melibatkan Pokdarwis Wisata Malahayu," ungkap dia. 

Sebelumnya, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin menuturkan, dari kegiatan ini dapat membangun kepedulian sosial. Sekarang ini banyak orang-orang saling membantu isu permasalahan kemiskinan, stunting dan masalah sosial yang lain. Kemudian isu lingkungan, terutama soal sampah menjadi masalah pelik, menjadi isu yang luar biasa. Serta kegiatan ini juga dapat membangun kebersamaan untuk pemilu yang damai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: