Jangan Ketawa! Nama Unik Namun Rasanya Asyik, Ini Daftar Makanan Unik di Indonesia

Jangan Ketawa! Nama Unik Namun Rasanya Asyik, Ini Daftar Makanan Unik di Indonesia

Walaupun memiliki nama yang unik namun untuk soal rasa tetep enak dan lezat--

DISWAYJATENG – Indonesia memiiki banyak nama makanan unik yang terkadang membuat orang menjadi penasaran. Makanan tersebut tersebar pada beberapa daerah, nama makanan tersebut sudah sangat populer pada kalangan masyarakat setempat.

Bahkan ada juga yang sudah terkenal pada luar daerah itu. Nama unik itu memang jauh dari bentuk dan bahan pebuat makanan tersebut.

Keunikan makanan khas Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan mancanegara. Sebab nama yang unik dan cita rasa yang berbeda membuat makanan tersebut penasaran untuk mereka coba. Bahkan nama makanan unik dan lucu khas Indonesia kerap kali membuat orang Indonesia sendiri saja tertawa geli untuk mencobanya.

Melansir dari laman akurat.co, ada sekitar 14 makanan dengan nama yang unik.

Nama makanan yang unik dan lucu ini memiliki cita rasa yang enak dengan harga terjangkau. Bahkan beberapa makanan ini sudah tersebar dan menjadi menu istimewa sejak nenek moyang. Selain penjual jajakan makanan unik itu di  pasar, kini makanan tersebut sudah ada yang menjamah restoran papan atas. Kira-kira apa saja makanan unik dan lucu khas Indonesia yang membuat para pencicipnya tertawa? Berikut ulasannya.

Makanan Unik dan Lucu Khas Indonesia

1.    Nasi Kucing

Nasi Kucing merupakan makanan yang berasal dari Yogyakarta. Santapan satu bisa kita jumpai sore hingga tengah malam. Nasi Kucing begitu populer karena sangat tepat untuk kantong pelajar dan anak kost. Biasanya nasi ini dibungkus dengan daun pisang dan porsi kecil layaknya porsi makan kucing dengan ditemani lauk ikan goreng, tempe, tahu dan satu sendok sambal.

2.    Sate Kere

Dalam bahasa Jawa, kere diartikan sebagai melarat atau miskin. Sate Kere menjadi salah satu menu tradisional di Solo dan Jogja. Perbedaannya, bila di Solo makanan unik ini terbuat dari ampas tahu dan tetap dilengkapi bumbu kacang seperti sate pada umumnya. Sedangkan Sate Kere di Jawa, kerap ditemukan di sekitaran Kraton dengan bahan utama gajih sapi, jeroan dengan sedikit daging sapi.

3.    Nasi Kentut

Makanan unik dan lucu khas Indonesia yang pertama yaitu Nasi Kentut. Nasi ini dimasak bersama dengan daun sembukau (Paederia Scandens). Di Medan daun sembukau lebih dikenal sebagai daun kentut. Jadi itulah awal mula terbentuknya nama Nasi Kentut.

Meskipun daun ini memiliki bau yang tidak sedap. Namun daun ini mempunyai banyak manfaat misalnya seperti untuk mengobati sariawan, mengatasi perut kembung, mengobati mata dan radang telinga. Nasi Kentut biasanya disajikan dengan ikan pepes, ayam gulung, tahu dan tempe.

4.    Mie Lendir

Mie Lendir merupakan salah satu nama makanan unik dan lucu khas Indonesia. Tentu dengan mendengar namanya kamu akan memikirkan hal yang tidak-tidak. Namun kamu tidak

perlu khawatir. Dinamakan dengan Mie Lendir karena kuahnya yang sangat kental hingga menyerupai lendir.

5.    Ketela Bajingan

Ketela Bajingan merupakan makanan yang berasal Temanggung, Jawa Tengah. Ketela Bajingan terbuat dari singkong atau ketela pohon. Makanan satu ini dianggap unik karena  disajikan utuh tanpa dipotong terlebih dahulu. Sehingga sekilas mirip dengan binatang bajing direbus. Ketela Bajingan biasanya dimasak dengan tambahan gula jawa, daun pandan dan santan, lalu disajikan bersama kuah manis kental.

6.    Kue Ketawa

Bentuk Kue Ketawa hampir mirip dengan onde-onde. Kue ini memiliki bentuk bulat dan terdapat belahan di permukaannya, sehingga terlihat seperti mulut sedang tertawa.

Mungkin hal ini yang menyebabkan kue tersebut dinamakan dengan Kue Ketawa.

7.    Kerupuk Melarat

Makanan unik dan lucu berikutnya berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Nama Kerupuk Melarat berasal dari proses memasaknya yang tak menggunakan minyak melainkan digoreng dengan pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Mungkin hal ini akan terkesan unik bagi banyak orang. Rasa Kerupuk Melarat akan semakin nikmat saat dicocol dengan sambal asam. Biasanya Kerupuk Melarat memiliki beraneka ragam warna, dari hijau, putih, kuning, hingga merah muda.

8.    Kue Tete

Nama makanan unik dan lucu khas Indonesia ini juga membuat sebagian orang tertawa ketika mendengarnya. Kue Tete atau disebut juga kue ape berasal dari Betawi. Kue olahan tepung terigu dan tepung beras, diberi pewarna makanan hijau atau daun pandan. Bentuknya bulat melebar dan menonjol di bagian tengahnya. Oleh sebab itu diberi nama 'Kue Tete'.

9.    Rawon Setan

Nama makanan unik dan lucu satu ini merupakan kuliner Indonesia yang memang terkenal dengan rasanya yang lezat dan pedasnya yang menggigit. Rawon Setan diidentikkan dengan tingkat kepedasan dari Rawon tersebut sehingga setan dimaknai sebagai tingkat kepedasannya.

10. Kuku Macan

Makanan selanjutnya yaitu Kuku Macan. Kuku Macan merupakan kerupuk ikan tengiri, salah satu camilan khas Balikpapan. Bentuknya mirip dengan kuku jari yang runcing. Karena ukuranya agak besar, sehingga disebut Kuku Macan.

11. Lidah Kucing

Lidah Kucing merupakan makanan yang berasal dari Belanda. Walaupun namanya hampir sama dengan nasi kucing, Lidah Kucing merupakan makanan yang jauh berbeda. Makanan Lidah Kucing ini merupakan jenis kue yang cukup enak. Lidah Kucing merupakan sejenis kue kering yang berbentuk seperti Lidah Kucing (panjang dan tipis).

12. Kue Pancong

Kue Pancong juga menjadi makanan dengan nama unik dan lucu yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Sampai sekarang kue ini dimodifikasi sehingga menjadi kue yang masih disukai banyak orang. Kue ini memiliki bentuk setengah lingkaran, dibuat dari santan, tepung besar, kelapa, dan garam.

13. Kue Cubit

Kue satu ini berukuran sekitar 4 sentimeter dan cukup populer di seluruh Indonesia. Saat matang, kue ini biasa diangkat dengan capit makanan, seperti dicubit. Sekilas mirip Kue Lumpur tetapi lebih banyak taburan topping di atasnya.

14. Kue Dollar

Kue Dollar merupakan salah satu nama makanan unik dan lucu enak. Kue ini berbentuk bulat pipih mirip koin dan rasanya mirip Kue Semprong. Dulu hanya ada rasa gula palem, tetapi sekarang sudah memiliki berbagai varian rasa. Seperti rasa jahe, wijen, dan keju.

Nah, itulah beberapa makanan dengan nama unik yang ada di Indonesia. Walaupun namanya terbilang unik, namun untuk soal rasa tetap enak dan lezat. Semoga bermanfaat. (*) 

 BACA JUGA:Dijamin Anda Senyum! Ini Nama-Nama Desa Unik di Pemalang, Jangan Tertawa Baca Nomor 7

Nah, itulah beberapa nama makanan unik dan lucu khas Indonesia. Beragam sekali bukan? Kamu tertarik mencoba yang mana?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: