Makanan Unik Khas Demak Paling Populer, Wajib Anda Cobain

Makanan Unik Khas Demak Paling Populer, Wajib Anda Cobain

Makanan unik khas Demak paling populer-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Makanan unik khas Demak paling populer sangat beragam yang sangat dipengaruhi kondisi geografisnya. Demak adalah salah satu kabupaten di pantai utara Jawa yang membuat makanan khas Demak cukup banyak dipengaruhi hasil laut.

Demak merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan berbagai warisan budaya yang beragam. salah satunya adalah makanan unik khas Demak paling populer akan kelezatannya yang terbuat dari campuran bahan-bahan alami.

Dikenal sebagai julukan Kota Para Wali, membuat daerah Demak kental akan budaya Islam dan berbagai kuliner halal. Beragam makanan unik khas Demak paling populer ini. sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke daerah ini, cita rasanya yang khas akan memanjakan lidah par Demak adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. 

Ada banyak makanan unik khas Demak paling populer yang bisa Anda cicipi saat mengunjungi daerah bekas pusat kekuasaan Kerajaan Demak ini. Selain itu, lokasinya juga dekat dengan Kota Semarang dan menjadi perlintasan ke kota-kota Jawa Timur melalui jalur Pantura. Jika mampir ke sana, tak ada salahnya mencicipi makanan khas Demak yang mungkin tak bisa ditemui di wilayah lain.  

Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Banjir di Demak Mulai Surut dengan Pengoperasian 17 Pompa Air

Berikut ini 7 makanan unik khas Demak paling populer, wajib Anda cobain: 

1. Sego doreng 

Sego doreng atau nasi doreng, adalah satu dari beberapa kuliner khas Demak yang diwariskan secara turun temurun sejak masa kejayaan Kerajaan Demak. Sekilas, sego doreng memang mirip dengan pecel. Tetapi, ada perbedaan sego doreng dengan pecel.

Sego doreng terdiri dari nasi yang dimasak dengan dikukus.  Di atas nasi ditumpuk sayuran yang terdiri dari pethet (isi petai cina), kembang turi, jenthut (jantung pisang), pucuk daun dan buah lamtoro muda. Setelah itu, diguyur dengan bumbu kacang yang dimasak di atas api menggunakan tungku berbahan dasar kayu. 

2. Caos Dhahar Lorogending

Caos dhahar lorogending ini dikenal menjadi makanan favorit dari Sunan Kalijaga yang merupakan salah seorang Wali Songo. Masakan ini diracik khusus oleh abdi dalem yang masih keturunan Sunan Kalijaga.

Makanan ini terdiri dari nasi golong, urap daun mengkudu (pace), trancam berbahan dasar terong dan kacang panjang, yang dicampur sayur bening daun kelor dan bubuk kedelai. Sedangkan lauknya terdiri dari gereh petek bakar, pecel lele, dan ingkung ayam jago yang lezat.

BACA JUGA:5 Daya Tarik Masjid Agung Demak; Wisata Sejarah dan Religi di Jawa Tengah

3. Mangut Kepala Manyung

Mangut kepala manyung adalah salah satu kuliner khas Demak, yang terbuat dari ikan manyung yang dicampur dengan kuah santan pedas. Salah satu lokasi yang terkenal akan makanan ini ada di Warung Pink yang berlokasi di Jalan Sultan Hadiwijaya, Bogorame, Mangunjiwa. Di warung ini, pengunjung juga akan menemukan beragam hidangan laut yang bisa dicoba.

4. Asem-Asem Daging Khas Demak

Asem-asem daging khas Demak terbuat dari berbagai campuran rempah nusantara, dengan kuah tauco yang memberi cita rasa khas dan lezat.  Perpaduan rasa pedas, gurih, manis, dan asam menyatu dalam makanan khas Kota Wali ini. Dalam asem-asem daging ini ada tetelan atau daging yang empuk, sehingga sangat cocok ketika disantap menggunakan nasi hangat. 

5. Sop Balungan Demak

Sop balungan Demak merupakan salah satu makanan yang terbuat dari olahan daging sapi dengan balungan atau tulang. Sensasi menyesap tulang dan menggigit daging yang masih melekat di pinggiran tulang menjadi kenikmatan tersendiri bagi para penikmatnya.

Sop ini disajikan lengkap dengan sayur berupa potongan wortel dan kentang, ditambah dengan taburan daun bawang segar, dan bawang goreng. Untuk menambah kesegaran sop ini penikmat kuliner bisa  menambahkan potongan jeruk nipis.

6. Nasi brongkos 

Makanan khas Demak selanjutnta yang patut dicoba yakni nasi brongkos. Dahulu, nasi brongkos adalah hidangan yang hanya bisa dinikmati oleh para priyayi lantaran bahan utamanya daging sapi yang memang cukup mahal. Nasi brongkos adalah makanan khas Demak yang biasa disantap pagi hari, yang terbuat dari perpaduan daging, kacang, dengan kuah kentalnya.

BACA JUGA:Mengupas Sejarah dan Fakta Unik Masjid Demak yang Jarang Diketahui Banyak Orang

7. Ingkung Bandeng

Ingkung bandeng merupakan olahan ikan bandeng tanpa duri yang dimasak dengan campuran kelapa parut yang dimasukkan ke dalam perut ikan. Ikan kemudian dikukus dengan air kunyit serta campuran bumbu rempah yang menambah cita rasa khusus.

Demikian ulasan makanan unik khas Demak paling populer yang kental akan unsur kebudayaan nusantara yang memiliki cita rasa lezat dan sangat mudah ditemui saat berkunjung ke daerah Demak. Semoga bermanfaat.(*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: