Belum Banyak Orang Tahu! Ternyata Purbalingga Punya Tempat Wisata Bak Film Hollywood

Belum Banyak Orang Tahu! Ternyata Purbalingga Punya Tempat Wisata Bak Film Hollywood

--instagram : valemahesa

DISWAYJATENG.ID - Sama seperti kebanyakan daerah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Kab. Purbalingga juga memiliki banyak spot wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari mulai spot wisata alam, spot wisata buatan berupa wahana permainan, sampai dengan spot wisata sejarah semuanya tersedia di kabupaten ini.

Karena jumlah tempat wisatanya yang cukup banyak, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan kabupaten ini sebagai salah satu alternatif tujuan wisata Anda di musim liburan.

Nah, jika kamu berwisata ke Jawa Tengah, kamu bisa menjadikan Kabupaten Purbalingga ini sebagai salah satu tujuan. Untuk itu, melansir dari berbagai sumber, berikut kami sajikan sederet tempat wisata Purbalingga yang terbaru dan menarik.

Langsung saja cek yuk beragam wisatanya!

Berikut 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Purbalingga :

1. Wisata Air Owabong

Wisata Air Owabong merupakan salah satu wisata Purbalingga yang sangat terkenal. Destinasi wisata ini memiliki wahana ombak deras yang disukai oleh para pengunjung. Ombak yang unik ini disebut belum ada di tempat lain.

Selain itu, ada beberapa wahana air lain yang bisa dicoba, yaitu kolam arus, ember tumpah, kolam renang olympic, dan masih banyak lagi. Berlibur ke sini, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan seperti pakaian renang.

Lokasi: Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357

2. D’las Lembah Asri Serang

Berada di lereng pegunungan, D’las Lembah Asri Serang cocok untuk dijadikan spot healing di Purbalingga. Lokasinya pun jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang eksotis, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai atraksi hiburan lainnya, seperti wisata petik buah, hutan pinus, kebun bunga, playground, wahana ATV, dan banyak lagi.

Sebagai catatan, kalau kamu ingin datang ke sini, sebaiknya tidak saat musim hujan, ya, karena jalanannya cukup curam. Pastikan memakai sepatu yang tidak licin dan membawa jaket untuk mengantisipasi cuaca yang semakin dingin.

Lokasi: Jl. Raya Serang, Krajan, Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357.

3. Curug Sumba

Objek wisata alam yang cukup terkenal di Purbalingga adalah Curug Sumba. Purbalingga memang dikenal sebagai kota seribu curug. Curug Sumba merupakan salah satu yang menawarkan suasana yang masih alami.

Walaupun air terjun yang mengalir dari tebing tidak terlalu deras, curug ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Pasalnya, ada kolam dengan air biru jernih di bawahnya yang bisa untuk berenang.

Pepohonan juga masih rimbun dan udara di sekitar tempat ini masih sejuk. Selain itu, lokasinya dari pusat kota juga dekat sehingga mudah dijangkau.

Lokasi: Kemojing, Desa Tlahab, Karangreja, Kemejing, Tlahab Kidul, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357

4. Kutabawa Flower Garden

Kutabawa Flower Garden adalah salah satu objek wisata di Purbalingga yang hits karena kecantikannya. Objek wisata ini terletak di kaki Gunung Slamet sehingga memiliki udara yang sejuk.

Di Kutabawa Flower Garden, kamu dapat menikmati hamparan bunga-bunga cantik yang ditata sedemikian rupa. Berbagai jenis bunga dengan warna-warna bervariasi bisa dijumpai di kawasan wisata ini.

Selain berburu foto yang instagramable, kamu juga bisa memanfaatkan wahana yang disediakan, salah satunya flying fox. Untuk anak-anak, ada area tempat bermain. Ada pula spot foto balon terbang dan miniatur pagoda.

Lokasi: Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Gunung di Jawa Timur Bagi Pendaki Pemula, Mana Favoritmu?

5. Kampung Kurcaci

Beberapa tahun terakhir, wisata rumah Hobbit menjadi tren destinasi liburan singkat yang banyak diincar wisatawan, terutama yang mengajak serta keluarga dan anak-anak untuk hangout saat akhir pekan.

Rumah Hobbit yang populer berkat film Hollywood, rumah ini punya daya tarik tersendiri, salah satunya karena berukuran mini. Nah, di Purbalingga, kamu bisa melihat langsung bangunan rumah unik tersebut di Kampung Kurcaci.

Berdesain minimalis, rumah Hobbit di sini didominasi warna kuning dan dikelilingi hutan pinus. Selain memberikan suasana baru, kamu juga akan terhibur dengan keceriaan anak-anak yang berfoto dengan berbagai gaya.

Lokasi: Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

6.  Situ Tirta Marta

Tempat wisata di Purbalingga, Jateng yang terakhir adalah sebuah telaga bening yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan seluruh stamina yang terkuras akibat berkeliling Kota Purbalingga.

Asal kalian tahu, telaga bening ini memiliki air yang berasal langsung dari perairan Gunung Slamet. Dijamin, tingkat kejernihan dari telaga ini sangat bening, kalian juga bisa sekaligus menyaksikan berbagai tumbuhan yang hidup di permukaan air.

Lokasi: Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

7. Goa Lawa

Goa Lawa adalah tempat wisata di Purbalingga yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan gua-gua pada umumnya. Goa Lawa terbentuk akibat lava dari Gunung Slamet, pada jaman purbakala.

Goa Lawa sebetulnya adalah diksi umum yang menunjuk kepada sebuah gua yang dihuni banyak kelelawar. Dan di beberapa daerah di Indonesia banyak yang memiliki Goa Lawa.

Tetapi Goa Lawa di Purbalingga berbeda dengan Goa Lawa pada umumnya. Sehingga sangat menarik, dan recommended untuk dijadikan list tujuan liburan selanjutnya.

Lokasi: Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber