Ini Dia Sejarah Tempat Wisata Candi Prambanan

Ini Dia Sejarah Tempat Wisata Candi Prambanan

Ini Dia Sejarah Tempat Wisata Candi Prambanan-disway jateng-

Pada 1931 De Haan meninggal dan digantikan oleh V.R. van Romondt, dan pada 1932 pemugaran kedua Candi Apit berhasil dirampungkan. Pemugaran terpaksa dihentikan pada 1942 ketika itu Jepang mengambil alih pemerintahan di Indonesia.

 

Setelah melalui proses panjang tersebut dan tersendat-sendat akibat perang dan peralihan pemerintahan pada 1953 pemugaran Candi Siwa dan dua Candi Apit dinyatakan selesai. Bahkan sampai saat ini pemugaran Candi Prambanan masih terus dilaksanakan secara bertahap.

 

2. Lokasi Candi Prambanan

 

Tempat wisata Candi Prambanan terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan yang kurang lebih 17 km ke arah timur dari Yogyakarta dan lebih tepatnya di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo. Lokasi Candi Prambanan hanya sekitar 100 m dari jalan raya Yogya-Solo sehingga tidak sulit untuk menemukan Candi Prambanan ini.

 

Bahkan sebagian dari kawasan Candi Prambanan terletak pada ketinggian 154 m di atas permukaan laut ini termasuk wilayah Kabupaten Sleman, sedangkan sebagian lagi masuk dalam wilayah Klaten.

 

3. Petunjuk Menuju Candi Prambanan

 

Bagi kalian yang ingin berwisata ke Candi Prambanan cuma butuh waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Rute yang bisa kalian lalui melalui Malioboro – Jalan Solo, lalu gapura perbatasan DIY dan Jateng. Dari lokasi ini kalian cukup maju sejauh 500 meter melewati pertigaan lampu merah pertama lalu akan terlihat kompleks Candi Roro Jonggrang di sebelah kiri.

 

Sedangkan bagi kendaraan umum dari Semarang bisa langsung naik bus AKAP Semarang menuju Jogja dengan tarif sekitar Rp50.000. kemudian turun di Terminal Jombor, lalu naik bus Trans Jogja koridor 1 A para pengunjung bisa langsung turun di depan kompleks Candi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: