Lagi Stres? Inilah 8 Minuman Yang Bikin Rileks Sekaligus Menghilangkan Stres

Lagi Stres? Inilah 8 Minuman Yang Bikin Rileks Sekaligus Menghilangkan Stres

Ilustrasi Stres--

DISWAYJATENG.ID - Stres dan kecemasan seringkali mengganggu kesehatan fisik dan mental. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, kedua kondisi ini berpotensi mengganggu aktivitas penderitanya.

Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk mengatasi stres dan kecemasan, salah satunya dengan berkonsultasi ke psikolog maupun psikiater. Sebelum berkonsultasi dengan ahlinya, Anda dapat mencoba menangani kedua kondisi ini sendiri dengan mengonsumsi minuman penghilang stres dan kecemasan.

Mengonsumsi minuman penghilang stres dan kecemasan adalah salah satu cara alami yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kedua kondisi ini.

Beberapa minuman penghilang stres dan kecemasan yang dapat didapat dengan mudah, di antaranya:

1. Teh hijau

Kandungan asam amino L-theanine dalam teh hijau dapat memberikan efek relaksasi. Sebuah penelitian menyebut, orang yang mengonsumsi empat cangkir teh hijau setiap hari cenderung memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.

Selain itu, kandungan serotonin dan dopamine yang terdapat dalam teh hijau diketahui dapat membantu melawan kecemasan. Tak hanya melawan kecemasan, kedua senyawa tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Air kelapa

Air Kelapa sangat menyegarkan, tetapi selain menyegarkan, air kelapa juga bermanfaat untuk menghilangkan stres.

Sebuah penelitian di University of Colombia pada tahun 2010, seseorang yang meminum air kelapa tekanan darahnya akan turun dan merasa lebih rileks dalam menjalankan tugasnya.

3. Teh Jahe

Kandungan antioksidan dan senyawa bioaktif dalam jahe diketahui dapat membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Selain itu, studi pada hewan menunjukkan bahwa bahan dapur satu ini bisa mengurangi kecemasan.

Kemampuan jahe untuk meredakan kecemasan disebut sama kuatnya dengan mengonsumsi obat benzodiazepin. Meski begitu, studi lanjutan masih diperlukan untuk mengetahui apakah khasiat tersebut juga berlaku pada manusia.

4. Susu hangat

Minuman penghilang stres ini mempunyai kandungan asam amino triptofan, yang berperan dalam proses produksi serotonin. Serotonin memiliki efek menenangkan dan bisa membantu memperbaiki suasana hati.

Supaya mendapat manfaat yang lebih maksimal, tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam susu hangat Anda.

BACA JUGA:Atasi Badmood! Inilah Makanan yang Bantu Perbaiki Suasana Hatimu

5. Air lemon

Sebuah studi menunjukkan bahwa hanya dengan aroma lemon, seseorang dapat meningkatkan kinerja pada tugas-tugas yang memerlukan banyak konsentrasi.

Selain itu, mengonsumsi lemon memberikan tubuh kalian asupan vitamin C, serta norepinefrin, yaitu jenis neurotransmitter yang mempengaruhi bagian otak yang mengontrol konsentrasi.

6. Jus segar

Jus buah dan sayuran segar mempunyai beragam kandungan vitamin maupun mineral, yang dapat membantu tubuh mengatasi tekanan dan stres. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam jus juga membantu tubuh untuk melawan atau menyembuhkan kerusakan akibat stres dan kecemasan.

7. Air putih

Minum air putih yang cukup dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi berpotensi membuat darah jadi mengental sehingga menghambat alirannya ke seluruh tubuh.

Aliran darah yang terhambat kemudian memengaruhi kinerja hormon endorfin. Kondisi tersebut dapat membuat otak Anda hilang fokus, serta mengakibatkan stres maupun kecemasan.

8. Teh kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu penyempurna rasa masakan, kunyit ternyata dipercaya dapat memperbaiki ingatan dan suasana hati. Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan, kurkumin dalam kunyit memiliki kandungan anti-inflamasi yang serupa dengan sifat antioksidan.

Penelitian menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kurkumin mengalami peningkatan yang signifikan baik dalam memori dan suasana hati. Begitu pula dalam tes ingatan, orang-orang yang memakai kurkumin meningkat 28 persen selama 18 bulan dan juga menunjukkan perbaikan ringan dalam disposisi keseluruhan mereka.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber