Atasi Badmood! Inilah Makanan yang Bantu Perbaiki Suasana Hatimu

Atasi Badmood! Inilah Makanan yang Bantu Perbaiki Suasana Hatimu

--

DISWAYJATENG.ID - Saat badmood melanda, sebagian orang cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti keripik kentang, permen dan makanan manis, serta minuman beralkohol. Padahal, makanan dan minuman tersebut justru dapat memperburuk suasana hatimu.

Ketika sedang bad mood, sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung asam lemak omega-3, probiotik, serat, mineral, seperti zinc, selenium, magnesium, protein, asam folat (vitamin B9), dan berbagai jenis vitamin B lainnya. Kandungan-kandungan tersebut diketahui dapat memberbaiki suasana hati yang buruk.

Setelah mengetahui kandungan makanan yang berperan penting dalam memperbaiki suasana hati, kini saatnya mengetahui apa saja jenis makanannya.

Berikut ini adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk atasi badmood:

1. Cokelat

Menurut penelitian, mengonsumsi cokelat hitam mampu menurunkan hormon kortisol, yaitu hormon yang dihasilkan tubuh saat stres. Tidak hanya itu, sebatang cokelat juga bisa merangsang otak melepaskan hormon endorfin serta serotonin dalam jumlah banyak.

2. Pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah yang kaya akan asam amino triptofan dan vitamin B6. Vitamin B6 berperan dalam mendukung proses pengubahan asam amino triptofan menjadi hormon serotonin.

Serotonin itu sendiri merupakan zat kimia di otak yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki suasana hati. Tidak heran jika triptofan sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi depresi, insomnia, dan gangguan kecemasan.

3. Telur

Selain memiliki kandungan protein tinggi yang bisa membuat kita konsentrasi seharian, rupanya telur juga mampu meningkatkan mood, lho. Telur memang sering disebut sebagai salah satu makanan wajib yang harus dikonsumsi oleh setiap orang karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti yang dijelaskan oleh Healthline, telur mengandung kolin yang terbukti penting untuk kesehatan otak. Selain itu, telur juga mengandung mineral, asam amino, dan antioksidan yang mampu menurunkan stres dan meningkatkan mood.

4. Oatmeal

Memiliki indeks glikemik yang rendah membuat oatmeal menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati yang buruk. Pasalnya, makanan dengan indeks glikemik rendah akan melepaskan energi secara perlahan menuju aliran darah.

Hal ini membantu gula darah dan suasana hati menjadi lebih stabil. Selain itu, oatmeal juga mengandung selenium yang efektif dalam menjaga suasana hati melalui pengaturan kelenjar tiroid.

BACA JUGA:Kurang-Kurangin! Inilah Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Jadi Kuning

5. Stroberi

Selain pisang, buah jenis berries seperti stroberi, bluberi, dan rasberi juga mampu meningkatkan mood. Jenis buah ini mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan inilah yang membantu mengurangi stres.

Apabila sulit menemukan buah stroberi yang segar, kamu juga bisa membeli buah yang telah dibekukan. Frozen fruit dinilai tetap memiliki banyak manfaat karena biasanya diproses saat matang sempurna.

6. Seafood

Makanan laut, seperti udang dan kerang, juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati yang sedang tidak baik. Pasalnya, kekurangan vitamin B6 dan B12, selenium, zat besi, serta zinc yang umum terkandung pada makanan laut dipercaya berisiko mengganggu kesehatan mental, seperti menyebabkan depresi.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang almond, kacang mete, serta biji-bijian, seperti wijen dan biji bunga matahari, kaya akan protein nabati, lemak sehat, dan serat.

Selain kandungan tersebut, makanan jenis ini juga menyediakan triptofan yang dapat memproduksi serotonin dan meningkatkan suasana hatimu ketika sedang kacau.

8. Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti sarden dan salmon, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak. Kekurangan nutrisi ini akan membuatmu lebih rentan untuk mengalami bad mood dan depresi.

Oleh karena itu, usahakan untuk mencukupi asupan asam lemak omega-3 harianmu, ya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber