Negara Tanpa Pajak Kestabilan Ekonomi Akan Merana, Masyarakat Juga yang Terkena Dampaknya

Negara Tanpa Pajak Kestabilan Ekonomi Akan Merana, Masyarakat Juga yang Terkena Dampaknya

Ilustrasi. Negara Tanpa Pajak Kestabilan Ekonomi Akan Merana, Masyarakat Juga yang Terkena Dampaknya--

DISWAYJATENG.ID - Pasti dari kalian pernah berpikir, tentang apa sih manfaat dari pajak itu? Kira-kira kenapa ya kita perlu membayar pajak? dan apa dampaknya jika kita tidak membayar pajak?

Artikel berikut akan memberitahu kamu mengenai jawaban pertanyaan-pertanyaan diatas. Buat kamu yang ingin tahu dan ingin menambah wawasan mengenai perpajakan. Ayo simak sampai selesai.

Mungkin Kata “Pajak” sudah tidak asing lagi bagi kita semua bukan? Pajak secara umum merupakan kontribusi wajib yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-undang yang dibayarkan oleh individu maupun perusahaan kepada pemerintah yang diperoleh dari penghasilan, kekayaan, dan transaksi ekonomi.

Pajak mempunyai 2 fungsi penting bagi kestabilan ekonomi suatu negara. Apa saja fungsinya?

1. Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara untuk menjaga kestabilan ekonomi

Fungsi pertama dari pajak ialah merupakan salah satu sumber pendapatan negara. Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang berfungsi untuk membantu pemerintah dalam membiayai berbagai program dan kebijakan publik yang diperlukan untuk menjaga kestabilan ekonomi negara.

Pemerintah membutuhkan pendapatan untuk menjalankan berbagai fungsi inti, seperti membangun infrastruktur, menyediakan layanan publik seperti pendidikan dan kesehatan, serta menjaga stabilitas ekonomi secara keseluruhan. Pendapatan yang diperoleh dari pajak digunakan untuk membiayai anggaran pemerintah dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Dana yang diperoleh dari pajak dapat membantu pemerintah untuk menghadapi berbagai tantangan ekonomi, seperti pengeluaran yang tinggi, pengurangan kemiskinan, dan investasi dalam sektor strategis.

Dengan adanya pajak pemerintah dapat melakukan berbagai upaya untuk menjaga kestabian ekonomi karena memungkinkan pemerintah untuk :

Membiayai pembangunan infrastruktur negara

Mungkin dari kalian belum menyadari bahwa fasilitas atau infrastruktur umum yang kalian gunakan dalam kegiatan sehari-hari ada yang dibangun dari uang pajak yang dibayarkan oleh kamu. Apa saja contoh infrastrukturnya?

Dana pajak dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang diperlukan negara, seperti jalan, jembatan, bandara, dan sistem transportasi yang baik. Infrastruktur tersebut sangat berguna bagi kehidupan masyarakat maupun bisa menjaga kestabilan ekonomi negara.

Dengan infrastruktur yang memadai ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang dengan memfasilitasi perdagangan, investasi, dan konektivitas antar wilayah.

Memperkuat sektor pendidikan dan kesehatan

Kualitas pendidikan dan layanan kesehatan juga dapat ditingkatkan dengan adanya pajak. Investasi dalam pendidikan yang baik dan sistem kesehatan yang terjangkau dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi kesenjangan sosial pada masyarat.

Menangani ketidakseimbangan anggaran negara

Dana pajak yang memadai dapat membantu pemerintah mengatasi ketidakseimbangan anggaran dan mengurangi ketergantungan pada pinjaman. Dengan memperoleh pendapatan yang cukup dari pajak, pemerintah dapat meminimalkan risiko krisis keuangan dan menjaga kestabilan ekonomi dalam jangka panjang.

Perentasan kemiskinan dan kesenjangan sosial

Pendapatan pajak juga dapat digunakan untuk program-program sosial yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, memberikan bantuan kepada kelompok rentan, dan mengurangi kesenjangan sosial. Misalnya, dana pajak dapat digunakan untuk program bantuan sosial, beasiswa pendidikan, atau perumahan bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan.

2. Sebagai alat regulasi ekonomi

Fungsi pajak yang kedua bagi kestabilan ekonomi suatu negara adalah sebagai alat regulasi ekonomi. Dengan mengatur tarif pajak, pemerintah dapat mempengaruhi kegiatan ekonomi negara. Beberapa contoh peran pajak dalam regulasi ekonomi, antara lain:

Kontrol Inflasi

Pajak dapat digunakan oleh pemerintah untuk mengendalikan inflasi. Jika terjadi situasi di mana harga-harga barang dan jasa terus naik, pemerintah dapat meningkatkan tarif pajak untuk mengurangi daya beli masyarakat. Dengan demikian, konsumsi dapat ditekan, dan hal ini dapat membantu menstabilkan harga-harga dan mengendalikan laju inflasi.‌

Pengarahan Perilaku Ekonomi

Dengan memberikan insentif atau hukuman fiskal terkait dengan tindakan tertentu, pajak dapat mempengaruhi perilaku ekonomi masyarakat. Misalnya, pemerintah dapat memberlakukan pajak tinggi pada produk yang dianggap tidak ramah lingkungan, seperti kendaraan bermotor beremisi tinggi.

Hal ini dapat mendorong penggunaan produk yang lebih ramah lingkungan dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Pada intinya, dengan membayar pajak, kamu berperan penting dalam menjaga kestabilan ekonomi negara. Pembayaran pajak yang tepat waktu dan konsisten dari masyarakat dapat membantu pemerintah dalam menjalankan kebijakan ekonomi yang diperlukan untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi negara.

Membayar pajak adalah salah satu bentuk tanggung jawab kita sebagai warga negara. Dengan membayar pajak juga merupakan salah satu upaya bela negara. 

Selain mendapat sanksi, jika kamu tidak membayar pajak juga dapat memiliki dampak yang signifikan pada ekonomi negara.

Jika individu atau perusahaan tidak membayar pajak, pemerintah akan mengalami kekurangan pendapatan yang dapat mengganggu kemampuannya untuk menyediakan layanan dan membiayai program-program publik. Hal ini dapat menghambat pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Gimana? Udah tau kan manfaat dari pajak, alasan kenapa kita perlu membayar pajak dan apa dampaknya jika kita tidak membayar pajak.

Mulai sekarang kamu harus rajin bayar pajak ya, karena dapat dikatakan negara tanpa pajak kestabilan ekonomi akan merana, masyarakat juga yang akan terkena dampaknya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: