Pahit Tapi Khasiat Gak Pelit, Siapa Sangka Daun Pepaya Luar Biasa Manfaatnya

Pahit Tapi Khasiat Gak Pelit, Siapa Sangka Daun Pepaya Luar Biasa Manfaatnya

Walau pahit, ternyata daun pepaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan--

DISWAYJATENG – Siapa yang tidak tahu buah pepaya, selain buahnya manis dan memiliki nutrisi baik, daun pepaya pun bermanfaat bagi kesehatan. Selama ini daun pepaya banyak orang gunakan menjadi makanan tradisional seperti pecel serta sayuran pelengkap.

Kandungan gizi daun papaya yang membuatnya bisa bermanfaat bagi kesehatan. Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang melimpah. Maka dari itu tidak heran jika daun ini banyak orang manfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Dalam daun pepaya mengandung:

1.       Vitamin A 18250 SI

2.       Vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram

3.       Npa efek Vitamin C 140 miligram per 100 gram daun papaya

4.       Kalori 79 kal per 100 gram

5.       Protein 8,0 gram per 100 gram

6.       Lemak 2,0 gram per 100 gram

7.       Karbohidrat 11,9 gra, per 100 gram

8.       Kalsium 353 miligam per 100 gram

9.       Air 75,4 gram per 100 gram

10.   Carposide

11.   Zat papain

Kandungan carposide berfungsi sebagai obat cacing. Daun ini mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit. Zat ini berdifat stomatik yakni dapat meningkatkan nafsu makan sehingga sering menjadi sayur pendamping makanan.

Manfaat Bagi Kesehatan

1.     Sifat Anti Kanker

Manfaat yang pertama yait memiliki sifatanti kanker. Menurut penelitian dalam jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim yang mempunyai sifat melawan berbagai tumor kanker.

Enzim tersebut dapat mengurangi risiko kanker leher Rahim, kanker payudara, kanker hati, paru-paru dan kanker pancreas toksik pada tubuh. Ekstrak daun pepaya ini dapat meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap berbagai macam kanker.

2.     Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun ini secara alami mampu melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Mempunyai kandungan lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang menunjang sistem kekebalan tubuh.

3.     Anti Malaria

Daun pepaya ini juga memiliki sifat anti malaria. Jus daun ini sering orang manfaatkan pada berbagai belahan dunia sebagai profilasksis untuk mencegah malaria pada daerah endemis.

4.     Mengontrol Darah Tinggi

Negara Meksiko sering memanfaatkan daun pepaya sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol darah tinggi. Karena daun ini memiliki kemampuan untuk melindungi sel penghasil insulin pada pancreas dari kerusakan juga kematian dini.

5.     Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Hal ini bisa terjadi karena memiliki 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain. Senyawa ini menghambat petumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasite, bakteri serta berbagai sel kanker.

6.     Menunjang Pertumbuhan Rambut

Karena memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam proses penumbuhan rambut. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan bisa membantu mengurangi stres oksidatif dan menunjang pertumbuhan rambut.

7.     Mengurangi Nyeri Haid

Mengonsumsi jus daun ini juga dapat mengurangi rasa sakit akibat haid karena senyawa yang bermanfaat untuk melancarkan keluarnya darah dari Rahim.

8.     Mencegah dan Mengobati demam Berdarah

Penderita demam berdarah akan mengalami penurunan trombosit. Kandungan enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya memiliki kemampuan trombosit. Itulah sebabnya daun ini banyak untuk perawatan pasien dengan penyakit demam berdarah.

9.     Membantu Pencernaan

Enzim papain dalam daun ini juga mampu membantu dalam pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan. Daun ini juga bisa membantu mencerna gluten protein gandum.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Memiliki kandungan yanga mampu menjaga kulit untuk tetap bersih dan jernih. Sifat antioksidan yang ada juga membantu dalam proses penuaan. Selain itu ekstrak daun ini juga dapat melembabkan dan mencegah kulit kering.

11. Mencegah emfisema

Berikutnya manfaatdari daun ini adalah dapat membantu pencegahan penyakit emfisema yang berhubungan dengan paru-paru.

12. Memiliki Efek Anti Inflamasi

Anti inflamasi ini mampu mengobati berbagai kondisi peradangan seperti rauam kulit, nyeri otot dan nyeri sendi. Kandungan papan dan vitamin E ini yang memiliki efek anti inflamasi.

BACA JUGA:Daun Kelor Tidak Ada Manfaatnya, Siapa Bilang? Jangan Kaget Lihat yang nomor 7

Itulah penjelasan mengenai manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh. Ternyata daun ini mempunyai kandungan yang bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: