Terkait Usulan Penonaktifan Kades Jejeg, Tunggu Hasil Pemeriksaan Inspektorat

Terkait Usulan  Penonaktifan Kades Jejeg, Tunggu Hasil Pemeriksaan Inspektorat

Kepala Dinas Permades menjelaskan proses pemberhentian kades, kemarin. -Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI (Dissay Jateng) - Menyikapi usulan yang sempat disampaikan Aliansi Masyarakat Desa Jejeg kepada Bupati Tegal, untuk menonaktifkan Kades Jejeg Saeful Amin. Dinas Permades saat ini masih menunggu hasil  pemeriksaan intensif yang dilakukan pihak Inspektorat Kabupaten Tegal.

 

Kepala Dinas Permades, Dessy Arifianto menyatakan, merujuk pada Peraturan Bupati nomor 27/ tahun 2018 tentang Kepala Desa, di pasal  76  telah diatur soal pemberhentian sementara kepala desa.

 

"Dipasal  76 ayat 1 huruf a dan b mengatur kepala desa diberhentiukan sementara oleh bupati apabila  tidak melaksanakan kewajiban sebagai kepala desa melanggar larangan sebagai kepala desa. Saat ini Inspektorat  sedang melakukan pemeriksaan untuk butir a dan b tersebut," ujarnya Selasa, 17 Januari 2023

 

Ketika disinggung soal keberadaan Kades Jejeg, Saeful Amin yang kini berada di rutan Bratawirya Polres Tegal, paska ditetapkan tersangka oleh penyidik  Satreskrim Polres Tegal dalam kasus tipu gelap, Dessy meminta sekretaris desa bersama perangkat lainnya bisa menjalankan  tugasnya sesuai dengan kewenangannya.

 

"Bila merujuk pada pasal 76 ayat 1 huruf c dan d pemberhentian sementara jabatan kepala desa bisa  ditempuh  bisa kades yang bersangkutan  sudah dinyatakan sebagai terdakwa yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun berdasarkan regristasi perkara di pengaidilan. Itu yang ada di butir c," cetusnya.

 

Dan di butir d, Dessy menyatakan pemberhentian sementara bisa dilakukan jika kades yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka dalam tindak pidana korupsi.

 

Dihubungi terpisah pihak Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal melalui  Kepala Seksi Intelejen merangkap Humas  Yusuf Luqita Danawihardja SH MH menyatakan, saat ini pihak berupaya merampungkan penyelidikan seluruh perangkat Desa Jejeg..

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id