Kelas Terbersih Dapat Penghargaan Kebersihan di SMAN 1 Kersana

Kelas Terbersih Dapat Penghargaan Kebersihan di SMAN 1 Kersana

Kepala SMAN 1 Kersana memberikan penghargaan perwakilan kelas terbersih di sekolahnya --

BREBES, (DiswayJateng) - SMAN 1 Kersana Kabupaten Brebes merupakan salah satu sekolah adiwiyata yang memiliki karater peduli dan cinta lingkungan. Untuk mendukung gelar tersebut peserta didik dibina untuk membiasakan menjaga kebersihan lingkungan kelasnya masing-masing serta memilah sampah yang dapat didaur ulang.

Kepala SMA Negeri 1 Kersana, Yuniarso Amirudin SPd MSi memberikan penghargaan tersebut kepada perwakilan kelas sebagai apresisasi dari sekolah karena telah mejaga kebersihan kelas dan sekitarnya.

Adapun kategori dan peraih penghargaan tersebut di antaranya, kelas yang selalu bersih dimenangkan oleh kelas XII MIPA 4;

kelas yang progresnya cepat dan penuh tantangan diraih oleh kelas X 9; dan kelas yang bersemangat memanfaatkan sampah daur ulang diraih oleh kelas XII IPS 1.

Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan bahwa apresiasi tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi kelas lain untuk meningkatkan dan konsisten dalam menjaga kebersihan kelas agar proses pembelajaran menjadi nyaman.

"Jangan melihat seberapa besar jumlah yang diterima tetapi nilailah ini sebagai apresiasi karena telah mensukseskan program sekolah," imbaunya.

 

Disamping itu, juga terdapat punishment yang diberikan kepada siswa yang tidak menjaga kebersihan sebagai konsekuensi atas tanggung jawabnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa kebersihan dan sampah masih menjadi PR yang belum sepenuhnya teratasi.

"Untuk itu, sekolah membentuk program yang mendidik peserta didiknya untuk senantiasa menjada kebersihan dan kenyamanan lingkungan tempat belajarnya. Harapannya, mereka dapat mengaplikasikan kebiasaan tersebut di lingkungan rumah atau masyarakat bahkan sampai setelah mereka lulus," tandasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: