DLH Kabupaten Tegal Pacu Sekolah Adiwiyata

DLH Kabupaten Tegal Pacu Sekolah Adiwiyata

Kabid Pengendalian Lingkungan Hidup memberikan pencerahan pada satuan pendidikan menuju sekolah adiwiyata.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI (Disway Jateng) - Upaya Dinas Lingkungan Hidup untuk memacu program Adiwiyata sekolah terus dilakukan tahun ini . Tujuannya adalah untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui kegiatan pembinaan, penilaian dan pemberian penghargaan adiwiyata kepada sekolah.

 

Kepala DLH Muchtar Mawardi SKM M.Kes melalui Kabid Pengendalian Lingkungan Hidup, Khaerudin menyatakan ditahun ini pihaknya mengajukan 6 sekolah  untuk penilaian sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang digelar pada  bulan Frebuari 2023 lalu.

 

"Kernam sekolah yang kami ajukan adalah SMPN 2 Warureja, SMP Muhammadiyah Slawi, MTs NU Kramat, SD Bangun Galih 02, SMPN 01 Pagerbarang, dan SDN Batuagung 02," ujarnya Kamis ( 14/4) kemarin. 

 

Pihaknya juga menyatakan untuk tim seleksi penilaian sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Tegal  biasanya diselenggarakan diinterval wakti bulan September hingga Oktober 2023. Sementara untuk seleksi sekolah Adiwiyata tingkat Nasional biasanya  akan digelar akan digulirkan di bulan  Juni 2023. Menurutnya,  dengan terwujudnya pembangunan lingkungan hidup yang hijau, sehat dan bersih dilingkungan sekolah melalui program adiwiyata, diharapkan akan menunjang keberhasilan proses belajar mengajar disekolah.

 

“Langkah memacu terwujudnya pembangunan lingkungan hidup melalui program adiwiyata ini sesuai pedoman pelaksanaan program adiwiyata yang diatur dalam Peraturan Menteri LH Nomor 5 Tahun 2013,” cetusnya.

 

Ditegaskan bahwa  Pemkab Tegal melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat terkait upaya perlindungan pengelolaan lingkungan hidup.

 

"Tujuan  sekolah adiwiyata secara umum adalah mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Salah satu yang dilakukan DLH adalah mengembangkan budaya hijau kepada generasi muda, khususnya pelajar. Hal itu dilakukan sebagai langkah pijakan digulirkannya Program Adiwiyata, dengan harapan program ini mampu menciptakan anak didik yang berprestasi," ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id