Seleksi Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi di Kabupaten Tegal

Seleksi Calon Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi di Kabupaten Tegal

DUKUNGAN - Kepala DLH bersama Bidang Pengendalian dan Pengawasan Lingkungan memberi semangat pada satuan pendidkan melakukan perpanjangan status sekolah Adipura.Foto:Hermas Purwadi/jateng.diaway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI – Memasuki tahun 2024, Dinas Lingkungn Hidup (DLH) Kabupaten Tegal kembali melakukan seleksi calon sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah melalui aplikasi Sidiajeng. Sosialisasi tahun ini  menghampiri 19 sekolah dengan rincian 11 SD, 6 SMP dan 1 SMA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal Mochtar Mawardi melalui Kabid Pengendalian dan  Pengawasan Lingkungan Khaeruin didampingi Fungsional Pengendalian Dampak Lingkungan Sobiroh menyatakan, untuk bisa mengikuti seleksi Adiwiyata tingkat Provinsi  Jawa Tengah. Mengharuskan sekolah sudah mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Tegal minimal 12 bulan. 

BACA JUGA:Dosen Poltek Harber Tegal Ajak Siswa Olah Ampas Teh

"Bila persyaratan tersebut terpenuhi, baru bisa maju di tingkat Provinsi Jawa Tengah," ujarnya.

Seleksi Calon Sekolah Adiwitaya Provinsi (CSAP)  dibatasi waktu pengisian datanya melalui aplikasi Sidiajeng per tangal 29 Frebuari 2024. 

" DLH juga dilibatkan dalam tahap seleksi penilaian bersama Kemenag, Dikbud sebelum dikirin ke DLHK Provinsi Jawa Tengah," cetusnya.

BACA JUGA:Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang Bersihkan Taman Patih Sampun

Untuk sekolah yang telah meraih penghargan Aiwiyata, baik ditingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Bila jangka waktunya sudah melewati 4 tahun, dapat diperpanjang berdasarkan usulan dan hasil evaluasi di lapangan. Jika dipandang tidak layak, status sekolah Aipura akan diturunkan jenjangnya. 

“Bila satuan pendidikan sengaja tidak memperpajang, sekolah tersebut tidak bisa mengikuti seleski Adipura yang lebih tinggi tingkatannya di tahun berikutnya," ungkapnya. 

Hingga tahun ini, sudah tercatat ada 27 sekolah di Kabupaten Tegal yang sudah menyandang predikat sebagai sekolah Adiwiyata provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: