Ini Ternyata Calon Haji Termuda asal Embarkasi Solo, Lajang Banyumas Berusia 18 Tahun

Ini Ternyata Calon Haji Termuda asal Embarkasi Solo, Lajang Banyumas Berusia 18 Tahun

Muhammad Ishak Al Kasari, jemaah calon haji termuda asal Embarkasi Solo. (Foto: PPIH Embarkasi Solo)--

SOLO, (DiswayJateng - Calon haji termuda ternyata berasal dari Embarkasi Solo bernama Muhammad Ishak Al Kasari. Lajang asal Banyumas Jateng ini menjadi jemaah haji termuda lantaran baru berusia 18 tahun.

Ishak tercatat berasal Desa Petarangan RT 01 RW 01 Kemranjen, Banyumas ini berangkat dengan sang ibu Musriatun (55) dan berada di rombongan kloter 29 Embarkasi Solo dari Banyumas.

Rombongan kloter ini telah diberangkatkan dari Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis (23/6) pukul 17.20 WIB.

Jemaah calhaj termuda ini mengaku baru lulus dari pesantren daerah Tasik dan rencananya akan mendaftar kuliah di Universitas Jamiah, Madinah.

Ishak mengaku keberangkatannya ke Tanah Suci menggantikan ayahnya yang meninggal pada Oktober 2021 lalu.

"Kalau mendaftar enggak sih ini sejenis pelimpahan porsi dari Bapak meninggal pada 18 Oktober 2021 lalu sekitar di usia 55-60 tahun," ujar dia, kepada wartawan.

Ishak mengisahkan jika ayahnya menunggu sudah sejak 2011 lalu supaya bisa berangkat haji.

Semestinya kedua orang tuanya berangkat haji pada 2020, tetapi baru bisa terlaksana pada haji 2022.

Adanya pandemi Covid-19 membuat keberangkatan mereka harus tertunda hingga akhirnya sang ayah meninggal dunia.

"Seneng ada sedih ada. Seneng karena bisa berangkat lebih awal (di usia muda). Sedihnya karena bapak gak bisa berangkat," kata Ishak.

Di sisi lain, dia berharap aturan pembatasan usia haji bisa direvisi. Jika tidak, maka banyak jemaah calon haji yang gagal berangkat.

"Harapannya semoga bisa berangkat semuanya. Supaya masyarakat kalau berangkat seharusnya jangan ada batasan karena kasihan juga," papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: genpi.co