BMKG Ungkap Fenomena Penyebab Banjir Rob di Pesisir Jawa Tengah, Simak Penjelasannya

BMKG Ungkap Fenomena Penyebab Banjir Rob di Pesisir Jawa Tengah, Simak Penjelasannya

SEMARANG, (DiswayJateng)-- Banjir rob menerpa wilayah pesisir Jawa Tengah. BMKG mengungkap penyebab fenomena tersebut karena Perigee.

 

Kondisi banjir pesisir terjadi di Pantai Tegal, Wonokerto-Pekalongan, Pantai Sari-Pekalongan, Pantai Batang, Pantai Tawang Kendal.

 

Kondisi serupa juga terjadi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jalan Raya Genuk Semarang-Demak, Pantai Karang Tengah Demak, Pantai Rembang, dan pesisir Jawa Timur.

 

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengungkapkan bahwa pihaknya telah merilis informasi potensi banjir pesisir di beberapa wilayah sejak tanggal 13 Mei 2022. 

 

BMKG, merilis informasi potensi banjir rob bersamaan dengan adanya fase bulan purnama dan kondisi Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi).

 

Tingginya curah hujan di beberapa wilayah juga semakin memperparah keadaan. Eko menyebut, gelombang tinggi di Laut Jawa yang mencapai 1,25 - 2,5 meter juga memberikan peningkatan dampak terhadap banjir rob di wilayah tersebut.

 

"Ketinggian banjir pesisir berbeda di tiap wilayah. Namun demikian, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," ujarnya, dikutip dari Antara, Rabu 25 Mei 2022. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id