Sambang Warga di Kelurahan Tingkir Lor, Pj Wali Kota Salatiga Sampaikan Tiga Isu Nasional

Kamis 17-10-2024,08:59 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Laela Nurchayati

SALATIGA, jateng.disway.id - Tiga isu nasional seperti nilai inflasi, pengangguran, stunting dan kemiskinan masih menjadi poin utama Pj. Wali Kota Salatiga, Yasip Khasani, melanjutkan agenda program Sambang Warga.

Kali ini, Yasip Khasani menyambangi Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, masih dengan tiga isu nasional.

Seperti materi paparan yang disampaikan pada kelurahan-kelurahan sebelumnya, Yasip menekankan beberapa tiga isu nasional dan isu strategis yang sedang terjadi di Kota Salatiga.

"Kelurahan Tingkir Lor adalah kelurahan dengan perkembangan baik, mempunyai nilai isu strategis di bawah tingkat kota," kata Yasip Khasani, Kamis 17 Oktober 2024.

BACA JUGA:Pj Wali Kota, Asisten Setda Hingga Plt Inspektur Kota Salatiga Tandatangani Pakta Integritas

BACA JUGA:Pj Wali Kota Salatiga Ajak Mahasiswa Berantas Rokok Ilegal

Secara data yang ia kantongi, Yasip membeberkan bahwa pengangguran di wilayah Kelurahan Tingkir Lor sebesar 0.17%. Sementara, angka stunting mencapai 5.02%, dan kemiskinan di angka 929 Orang.

Bahkan, Yasip menyebutkan di Kelurahan Tingkir Lor tidak ada kemiskinan ekstrem.
"Di wilayah Kelurahan Tingkir Lor tidak ada kemiskinan ekstrem," tandasnya.

Seperti halnya beberapa Kelurahan sebelumnya, Yasip juga menyelipkan pesan kepada pengurus RT maupun RW selaku bagian dari pemerintah Kota Salatiga.

Banyak peran RT dan RW namun ia menilai peran yang paling utama adalah melakukan identifikasi lebih valid terhadap warganya yang menganggur, miskin dan stunting.

BACA JUGA:Bawaslu Salatiga Pastikan Kades Bantal Langgar Netralitas, Rekomendasi Dikirim ke Bupati

BACA JUGA:Polres Salatiga Kerahkan 60 Personil Dukung Operasi Zebra Candi 2024

Di tengah anjang sana ke Kelurahan Tingkir Lor, Yasip berkesempatan menyerahkan bantuan kepada pelaku Seni dan Olahraga serta memberikan Kursi Roda kepada Penyandang Difabel.

Selain menyampaikan tiga isu nasional, Yasip juga menyerahkan bantuan dari Baznas Kota Salatiga kepada 10 orang penerima manfaat.

Didampingi Pj TPP PKK Salatiga Anita Yasip Khasani, Pj Wali Kota mengunjungi serta memberikan Bantuan kepada Balita Stanting yang berada di Kelurahan Tingkir Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga.

Sambang Warga dan Tiga Isu Nasional

Pj Wali Kota Salatiga Yasip Khasani berharap dukungan Ketua RT dan RW untuk memfasilitasi warganya yang stunting dan kemiskinan pada program Sambang Warga sebelumnya.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Salatiga Curiga Timbangan Sebabkan Angka Stunting Tidak Akurat

BACA JUGA:Pj Wali Kota Salatiga Ingin PNS Olahraga Golf Tiap Jumat Pagi

Dukungan dari Ketua RT dan RW ini untuk mendapatkan solusi dari Pemerintah melalui dinas terkait, ungkap Yasip Khasani di tengah kegiatan Sambang Warga ke Kelurahan Sidorejo Lor, Salatiga, Kamis 11 Oktober 2024.

Di hadapan warga Sidorejo Lor, Ok Wali Kota Sebutkan jika Kota Salatiga gambaran pada tiga masalah yang harus diselesikan bersama, bukan hanya oleh Pemerintah.

Permasalahan tersebut adalah stunting (5,87%), penganguran (4,57%), dan kemiskinan (8 ribu orang), yang ada di dalamnya termasuk miskin ekstrim (187 orang).

“Tiga masalah tersebut menjadi PR bagi Ketua RT maupun RW untuk menyampaikan kepada Wali Kota atau dinas terkait guna mencari penyelesaiannya secara bertahap sesuai urgensi dan ketersediaan anggaran,” ujarnya.

BACA JUGA:Tenaga Pendidik Salatiga Harus Siap Hadapi Modernisasi Pendidikan

BACA JUGA:Pj Wali Kota Salatiga Harapkan Salatiga Ethnic Festival Miliki Jangka Panjang

Tak dipungkiri, dalam setiap kunjungannya ke 23 Kelurahan di tengah kegiatan Sambang Warga ini ia memastikan mempertemukan Ketua RW dan Ketua RT se Kelurahan Sidorejo Lor dengan OPD terkait, Asisten Sekda, Ketua FKUB, Direktur Bank Jateng, BUMD, Baznas dan BPJS Ketenagakerjaan.

Kategori :