8 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data

Senin 14-10-2024,12:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Fintech ilegal umumnya menjalankan aksi teror dan ancaman karena peminjam tidak melakukan pengembalian pinjaman sesuai ketentuan jatuh tempo. Karena itu, membayar cicilan secara tepat waktu menjadi salah satu cara agar pinjol tidak sebar data pribadi.

BACA JUGA:Penting Ketahui, Begini 8 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data yang Paling Ampuh

BACA JUGA:Jangan Panik, Begini Cara Efektif agar DC Pinjol Ilegal Tidak Sebar Data

5. Laporkan Pinjol Ilegal ke Polisi

Karena maraknya pengaduan mengenai pelanggaran pinjol, pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Polri, Kominfo, Kemenkop UKM, dan Bank Indonesia (BI) telah membentuk satgas pemberantasan pinjol ilegal guna menindak tegas dan memberi efek jera pada pinjol tak berizin.

Apabila mengalami tindak kejahatan siber, kalian dapat melaporkan kasus pinjol ilegal ke pihak berwenang. Uniknya, kalian tidak perlu repot mendatangi kantor polisi dan membuat laporan. Cukup kunjungi situs patrolisiber.id, kemudian mengisi formulir secara lengkap, mulai dari kronologi hingga bukti. Walau tidak secara otomatis menjadi laporan polisi, laporan yang diadukan dapat diterbitkan jika terdapat bukti pendukung yang sah.

6. Tolak Akses Kontak

Seperti diketahui, pinjol hanya bisa diakses secara online melalui ponsel. Pinjol ilegal yang tidak bertanggung jawab kerap melakukan peretasan informasi pribadi peminjam yang ada di ponsel sebagai senjata utama dalam melakukan penagihan. Padahal, pinjol legal hanya diizinkan mengakses mikrofon, kamera, dan lokasi/GPS.

Guna menghindari risiko itu, perlu memblokir akses kontak dan media aplikasi pinjol. Pemblokiran ini dapat dilakukan dengan menonaktifkan izin aplikasi pinjol pada menu setting aplikasi pada ponsel. Pemutusan akses bisa mencegah pinjol mengintip data pribadi kalian yang tersebar dalam ponsel. 

BACA JUGA:7 Tips Cerdas agar Pinjol Tidak Sebar Data, Jangan Panik

BACA JUGA:5 Aplikasi Pinjol yang Tidak Sebar Data Pribadi, Nasabah Galbay Gak Perlu Panik Kebocoran Data

7. Hindari Konten Promosi Pinjol Ilegal 

Salah satu cara mempromosikan pinjol ilegal yaitu dengan mengunggah konten pinjol di kanal YouTube. Bahkan, pinjol tak ragu menggandeng sejumlah konten kreator terkemuka guna menjerat lebih banyak target.

Konten ini bertujuan untuk mengecoh dan membujuk penonton supaya melakukan pinjaman uang di aplikasi pinjiol tersebut. Tak jarang video yang dibagikan berisi iming-iming dan janji keuntungan guna menarik minat penonton.

Agar tidak termakan ajakan ini, perlu kalian menghindari video promosi pinjol ilegal. Sangat dianjurkan pula untuk melaporkan video supaya dapat dihapus dan diblokir oleh YouTube.

8. Tingkatkan Literasi Keuangan

Kategori :