Penting Ketahui, Begini 8 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data yang Paling Ampuh

Penting Ketahui, Begini 8 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data yang Paling Ampuh

cara agar pinjol tidak sebar data --foto krediblog

DISWAY JATENG - Pinjaman online kini marak digunakan bagi berbagai kalangan untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak. Namun terkadang ada pinjaman yang mengalahgunakan data pribadi nasabah. Maka dari itu, ketahui cara agar pinjol tidak sebar data. 

Cara agar pinjol tidak sebar data sembarangan tidak mudah, karena saat ini sudah sangat marak penyebaran data nasabah dan bahkan diperjualbelikan. Cara tersebut bisa dituntut secara hukum, sebab menyebarkan data pribadi seseorang. 

Risiko yang harus dihadapi peminjam cukup beragam, mulai dari ancaman dan teror hingga penyebaran informasi pribadi peminjam, baik melalui media sosial maupun kontak handphone (HP). Namun, cara agar pinjol tidak sebar data merupakan solusi tepat buat kalian lakukan. 

Dibawah ini ada beberapa cara agar pinjol tidak sebar data yang dapat kalian lakukan agar data tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

BACA JUGA:5 Aplikasi Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi Nasabah, Terdaftar OJK Terbaru 2023!

 

1. Hindari Konten Promosi Pinjol Ilegal

Salah satu cara mempromosikan pinjol ilegal yaitu dengan mengunggah konten pinjol di kanal YouTube. Bahkan, pinjol tak ragu menggandeng sejumlah konten kreator terkemuka guna menjerat lebih banyak target.

Agar tidak termakan ajakan tersebut, kalian perlu menghindari video promosi pinjol ilegal. Sangat dianjurkan pula untuk melaporkan video agar bisa dihapus dan diblokir oleh YouTube.

2. Laporkan Pinjol Ilegal ke Polisi

Cara agar pinjol tidak sebar data berikutnya yaitu dengan melaporkan pinjol ilegal ke polisi. Apabila mengalami tindak kejahatan siber, kalian bisa melaporkan kasus pinjol ilegal ke pihak berwenang. Uniknya, kalian tidak perlu repot mendatangi kantor polisi dan membuat laporan. Cukup kunjungi situs patrolisiber.id, kemudian mengisi formulir secara lengkap, mulai dari kronologi hingga bukti. Walau tidak secara otomatis menjadi laporan polisi, laporan yang kalian adukan bisa diterbitkan jika terdapat bukti pendukung yang sah.

BACA JUGA:6 Cara Mengatasi Pinjol yang Sebar Data Pribadi Nasabah, Wajib Ketahui agar Data Tetap Terjaga

3. Tingkatkan Literasi Keuangan

Memperbanyak literasi keuangan dapat dimulai dengan mengikuti seminar hingga memperkenalkan jenis transaksi keuangan sejak dini. Literasi keuangan dan kemampuan berpikir kritis memudahkanmu membedakan antara aplikasi pinjol legal dengan yang ilegal. Tak hanya itu, kalian juga bisa menilik hak dan kewajiban sebagai pengguna jasa pinjol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: