6 Cara Mengatasi Pinjol yang Sebar Data Pribadi Nasabah, Wajib Ketahui agar Data Tetap Terjaga

6 Cara Mengatasi Pinjol yang Sebar Data Pribadi Nasabah, Wajib Ketahui agar Data Tetap Terjaga

cara mengatasi pinjol yang sebar data pribadi nasabah--foto rsudpenajam.id

DISWAY JATENG - Cara mengatasi pinjol yang sebar data pribadi nasabah tentu perlu diketahui agar tenang dari teror dan kejaran yang tidak ada akhlak dan merugikan bagi para pengguna. 

Pinjol alias pinjaman online memang memberikan kemudahan. Pasalnya, pinjol ini bisa mencairkan pinjaman tanpa jaminan secara instan. Namun, terkadang ada yang terjebak pinjol ilegal. Maka dari itu, perlu ketahui cara mengatasi pinjol yang sebar data pribadi nasabah agar data kalian tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

Menurut Kominfo, Data pribadi yaitu data milik perseorangan yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiaannya. Namun, beberapa oknum pinjol menyebarkan data pribadi nasabahnya untuk dimanfaatkan sebagai teror agar dapat melunasi utangnya. Namun, kini ada beberapa cara mengatasi pinjol yang sebar data pribadi nasabah.

Pada artikel kali ini, Disway Jateng akan mamberikan beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi pinjol yang sebar data pribadi nasabah yang bisa kalian lakukan. Yuk simak solusi cerdas berikut ini. 

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data dengan Aksesnya, Berikut Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Harus Diketahui

 

1. Lunasi Pinjaman 

Cara mengatasi pinjol yang sebar data pribadi nasabah yaitu dengan melunasi pinjaman, adanya ancaman pengungkapan informasi pribadi atau penyebaran data sering kali berasal dari layanan pinjol ilegal karena pelanggaran pembayaran utang melewati batas waktu. Karena itu, tindakan yang perlu dilakukan yaitu melunasi kewajiban bersama dengan bunga dan denda dari pinjaman tersebut.

2. Buat Kesepakatan dengan Pihak Pinjol

Saat nasabah yang datanya sudah disebar dan belum bisa melunasi tunggakan, cobalah untuk mengajukan perjanjian. Perjanjian yang dimaksud yaitu waktu tambahan pembayaran atau keringanan dalam bentuk pelunasan dengan cara mencicilnya.

Akan tetapi debitur harus menepati janji yang telah disepakati bersama. Tujuannya agar data tidak disebar oleh pihak pinjol yang tentu saja merugikan bagi kalian sendiri.

3. Mendaftar Pinjaman dari Layanan Pinjol Resmi 

Menggunakan layanan pinjol yang resmi merupakan langkah untuk mencegah penyebaran data oleh pihak pinjol yang tidak resmi. 

BACA JUGA:Tetap Waspada! Inilah 7 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi yang Perlu Kalian Perhatikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: