5 Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data dengan Aksesnya, Berikut Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Harus Diketahui

5 Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data dengan Aksesnya, Berikut Tips Hindari Pinjol Ilegal yang Harus Diketahui

cara mengatasi pinjol sebar data --foto top sumbar

DISWAY JATENG - Pernah mengalami data pribadi tersebar? Gara-gara pinjaman online data pribadi bisa saja jadi sasaran empuk untuk disebarluaskan. Lalu, bagaimana cara mengatasi pinjol sebar data?

Pinjol atau pinjaman online memang memberikan kemudahan. Pasalnya, pinjol ini bisa mencairkan pinjaman tanpa jaminan secara instan. Namun, terkadang ada yang terjebak pinjol ilegal. Maka dari itu, perlu kalian ketahui cara mengatasi pinjol sebar data agar data kalian tetap aman dan tidak disalahgunakan. 

Cara mengatasi pinjol sebar data merupakan cara yang paling tepat pada pinjaman yang ilegal. Karena pinjol ilegal memiliki risiko terutama jika nasabah mengalami galbay alias gagal bayar. 

Cara mengatasi pinjol sebar data, sebaiknya kita melakukan beberapa langkah pencegahan. Langkah pencegahan ini termasuk menutup akses ke ponsel kita agar pihak pinjaman online tidak bisa menyebar data yang kita miliki.

BACA JUGA:10 Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data yang Paling Ampuh, Solusi Tepat Mengatasi Penyebaran Data

 

Cara mengatasi pinjaman online sebar data bisa kalian pahami akses yang harus diamankan dari ponsel kita, sebagai berikut:

1. WhatsApp

Matikan semua izin privasi yang ada di WhatsApp.

Tujuannya untuk mengamankan nomor tidak dikenal dan pinjol ilegal supaya tidak bisa membuat atau memasukkan dalam grup yang sudah dibuat untuk menyebar data pribadi kita.

2. Log Panggilan

Bukan hanya dari kontak saja, Log Panggilan juga bisa diakses oleh pinjaman online untuk mendapatkan nomor kerabat kita.

Nomor-nomor yang sering melakukan panggilan dengan kita otomatis akan menjadi korban teror tagihan pinjaman online jika aksesnya tidak dilindungi.

3. Kontak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: