7 Tips Cerdas agar Pinjol Tidak Sebar Data, Jangan Panik

7 Tips Cerdas agar Pinjol Tidak Sebar Data, Jangan Panik

cara agar pinjol tidak sebar data --foto tipskerja

DISWAY JATENG - Tips agar pinjol tidak sebar data bisa kalian lakukan dengan mudah, langkah-langkah dibawah ini bisa kalian lakukan oleh nasabah dengan cara preventif atau kuratif. 

Pinjol alias pinjaman online kini marak digunakan di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak. Terkadang ada pinjaman yang menyalahgunakan data diri nasabah, maka dari itu, perlu kalian tahu tips agar pinjol tidak sebar data yang bisa kalian lakukan. 

Cara ini perlu kalian lakukan untuk menghindari beberapa risiko kerugian yang lebih mendalam, Risiko yang harus dihadapi peminjam cukup beragam, mulai dari ancaman dan teror hingga penyebaran informasi pribadi peminjam, baik melalui media sosial maupun kontak handphone (HP). Untuk itu, perlu mengetahui tips agar pinjol tidak sebar data supaya data lebih aman. 

Lantas, bagaimana tips agar pinjol tidak sebar data? dan kalian bisa melakukan transaksi peminjaman uang secara aman tanpa khawatir data pribadimu tersebar. Yuk simak langkah berikut ini.

BACA JUGA:5 Aplikasi Pinjol yang Tidak Sebar Data Pribadi, Nasabah Galbay Gak Perlu Panik Kebocoran Data

Tips Agar Pinjol Tidak Sebar Data 

1. Hindari Konten Promosi Pinjol Ilegal

Salah satu cara mempromosikan pinjol ilegal yaitu dengan mengunggah konten pinjol di kanal YouTube. Bahkan, pinjol tak ragu menggandeng sejumlah konten kreator terkemuka guna menjerat lebih banyak target.

Konten ini bertujuan untuk mengecoh dan membujuk penonton agar melakukan pinjaman uang di aplikasi pinjol tersebut. Tak jarang video yang dibagikan berisi iming-iming dan janji keuntungan guna menarik minat penonton.

Agar tidak termakan ajakan ini, kalian perlu menghindari video promosi pinjol ilegal. Sangat dianjurkan pula untuk melaporkan video agar bisa dihapus dan diblokir oleh YouTube.

BACA JUGA:Cara Mencegah Pinjol Sebar Data Pribadi Jika Sudah Terlanjur Didaftarkan, 3 Langkah Cerdas ini Dijamin Efektif

2. Tingkatkan Literasi Keuangan

Memperbanyak literasi keuangan bisa dimulai dengan mengikuti seminar hingga memperkenalkan jenis transaksi keuangan sejak dini. Literasi keuangan dan kemampuan berpikir kritis memudahkan membedakan antara aplikasi pinjol legal dengan yang ilegal. Tak hanya itu, kalian juga bisa mengetahui hak dan kewajiban sebagai pengguna jasa pinjol. 

3. Laporkan Pinjol Ilegal ke Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: