Tersimpan Aman di Gudang KPU, Kelengkapan Logistik Pilkada Salatiga Terpenuhi

Kamis 10-10-2024,09:44 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Laela Nurchayati

SALATIGA, jatengdisway.id - Seluruh kelengkapan logistik Pilkada Kota Salatiga telah terpenuhi. Saat ini tersimpan aman di Gudang KPU di Auli Salatiga, Jalan Lingkar Selatan Salatiga.

"Logistik yang telah terpenuhi itu sebanyak 4 jenis yakni Bilik Suara, Lotak Suara, Tinta, dan Segel Plastik," kata Ketua KPU Salatiga Yesaya Tiluata saat dikonfirmasi di Salatiga, Rabu 9 Oktober 2024.

Secara keseluruhan, Yesaya mengapresiasi untuk koordinasi serta kerjasama jajaran KPU Salatiga. Diantaranya, koordinasi terjalin baik dengan Polres Kota Salatiga dalam rangka pengamanan jenis kelengkapan logistik pilkada yang sudah ada di Gudang Aulia, Salatiga.

Untuk kebutuhan perlengkapan pemungutan suara dan perlengkapan lainnya, diakui dia masih dalam progres produksi.

BACA JUGA:Marak Kreak, Kapolres Salatiga Pastikan Tetap Tindak Tegas Pidana Dilakukan Anak

BACA JUGA:Turun Tangan Sendiri, Kapolres Gagalkan Balap Liar di JB Salatiga


Tercatat, KPU kota Salatiga pada hari Rabu 9 Oktober 2024 Pukul 07.30 WIB menerima kotak suara dengan jumlah 610 buah. Sehingga total jenis dan jumlah logistik yang diterima dengan rincian sebagai berikut.

Bilik Suara dengan kebutuhan 1.204, terkirim 1.204. Seluruhnya terpenuhi pada tanggal tgl 18 September 2024.

Untuk Tinta, dengan kebutuhan 602 ada pun terkirim 602. Seluruhnya terpenuhi pada tanggal 25 September 2024.

"Begitu juga untuk Segel Plastik/kabel ties, kebutuhan sebanyak 3.612 dan terkirim 3.612. Dimana, terpenuhi tepat pada tanggal 28 September 2024," imbuhnya.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Salatiga Kantongi Bukti Kades Bantal Salaman dengan Cagub Luthfi

BACA JUGA:Pengunggah Kendaraan Plat Merah Dikendarai Pria Berkaos Cagub Dipanggil Bawaslu Salatiga

Kelengkapan Logistik Pilkada

Berbagai langkah mempersiapkan pilkada serentak 2024 dilaksanakan tak hanya oleh KPU saja, khususnya terkait kelengkapan logistik pilkada.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Salatiga Yasip Khasani juga berencana turut serta andil dalam memeriahkan pesta demokrasi ini.

Hanya saja, rencananya mengajak tiga Pasangan Calon (Paslon) Pilwakot Salatiga untuk touring ke 24 Kelurahan di Salatiga harus dibatalkan.

"Rencana mengajak tiga paslon keliling ke 23 Kelurahan fix kita batalkan," Kata Yasip Khasani kepada wartawan ditemui di Hotel Wahid Salatiga, Kamis 3 Oktober 2024.

BACA JUGA:Kedua Kalinya, Kota Salatiga Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024

Bukan tanpa alasan Pj Wali Kota Salatiga membatalkan rencana menggandeng tiga Paslon berkeliling ke 23 Kelurahan di Salatiga selama musim Pilkada serempak ini.

Adanya suara sumbang serta beberapa pihak yang mengkhawatirkan rencana tersebut mengarah kepada ketidaknetralan Pemkot Salatiga sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) akhirnya Pj Wali Kota Salatiga memutuskan membatalkan.

"Dikhawatirkan mengindikasikan, jangan-jangan. Sebenarnya kekhawatiran saja, tapi perlu saya akomodir. Sehingga tidak ada kegaduhan yang tidak diperlukan," ungkap Yasip Khasani.

Selanjutnya, rencana mengenalkan  tiga Paslon dan menghadirkan langsung di 23 kelurahan oleh Pj Wali Kota Salatiga akan diwujudkan dalam bentuk vidoe yang telah dibuat KPU Salatiga.

BACA JUGA:Dance Ishak Palit Kembali Pimpin DPRD Salatiga 2024-2029, Mantan Wali Kota Dua Periode Yuliyanto Jabat Wakil I
Sebenarnya, lanjut Pj Wali Kota, rencana mengikutsertakan tiga Paslon keliling ke 23 kelurahan di Salatiga sebagai upaya sosialisasi dan mengenalkan kepada masyarakat luas.

Mengingat, ia menilai kurangnya sosialisasi KPU Salatiga dalam mengenalkan tiga Paslon yang maju di Pilwakot Salatiga 2024 menjadi alasan kuat dirinya mengajak calon pemimpin Salatiga yang hendak dipilih rakyat Salatiga.

Hal ini juga yang menjadi perhatian serius PJ Wali Kota Salatiga dalam mencermati kekurangan KPU Salatiga tersebut.

"Karena berkurangnya rapat umum masyarakat kurang begitu memahami informasi terkait paslon, sehingga sosialisasi tiga Palson kepada masyarakat itu penting. Sehingga dari kami akan memberikan pengenalan kepada masyarakat terkait tiga paslon ini ke-23 kelurahan di Salatiga melalui video," imbuhnya.


Kategori :